WNI ABK Diamond Princess Positif Corona Dinyatakan Sembuh

Diamond Princess.
Sumber :
  • IG Princess Cruises

VIVA – Dua WNI yang merupakan anak buah kapal atau ABK kapal pesiar Diamond Princess yang positif terinveksi virus Corona Covid-19 telah dinyatakan sembuh. Mereka rencananya akan dipulangkan menggunakan pesawat komersil. Hal itu dibenarkan Kepala Staf Presiden Jenderal TNI (Purn) Moeldoko. Bahwa otoritas Jepang sudah menyatakan kedua ABK itu sembuh.

Geger Vaksin COVID-19 AstraZeneca, Ketua KIPI Sebut Tidak ada Kejadian TTS di Indonesia

"Intinya sudah dinyatakan sehat oleh otoritas setempat," kata Moeldoko di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu 4 Maret 2020.

Mengenai kepastian waktu pemulangannya, mantan Panglima TNI itu mengatakan akan diumumkan lebih lanjut.

Sempat Hilang Kesadaran Akibat Sepsis, Chicco Jerikho Ngerasa Dikasih Kesempatan Kedua

Sementara itu, Dirjen P2P Kementerian Kesehatan Dr. Anung Sugihantono mengatakan, kedua WNI yang dinyatakan sembuh itu maih akan tetap dikarantina.

"Mereka akan pulang dengan pesawat komersil, tapi akan kami lakukan karantina di Badan Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) Cikarang,” ujar Anung Sugihantono seperti dalam siaran pers Kantor Staf Presiden, Rabu 4 Maret 2020.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Diketahui sebelumnya, ada 9 ABK Diamond Princess yang dinyatakan positif Corona sehingga dirawat di RS di Jepang. Kapal pesiar itu bersandar di Pelabuhan Yokohama untuk karantina. Sementara 69 ABK lainnya yang negatif Corona dan sudah dievakuasi pekan lalu. 

Mereka diobservasi di pulau Sebaru, Kepulauan Seribu Provinsi DKI Jakarta bersama dengan 188 WNI yang merupakan ABK kapal pesiar World Dream dari Hong Kong.

Jemaah calon haji naik pesawat untuk berangkat ke Tanah Suci di Arab Saudi (Foto ilustrasi)

Kuota Haji Kabupaten Tangerang Bertambah, 20 Persen Lansia

Kuota haji Kabupaten Tangerang meningkat 15 persen.

img_title
VIVA.co.id
6 Mei 2024