Skandal di Irlandia Utara

Istri Selingkuh, Pejabat Tinggi Pamit Mundur

VIVAnews - Pejabat tinggi di Irlandia Utara, Peter Robinson, memutuskan mundur sebagai Menteri Utama (pejabat setingkat gubernur) di wilayah otonomi khusus Britania Raya itu. Pengunduran diri dilakukan setelah istri Robinson, Iris, ketahuan berselingkuh dengan seorang pria yang jauh lebih muda.

Dalam pernyataan yang bernada emosional, Senin 11 Januari 2010, Robinson memilih menanggalkan jabatannya selama beberapa pekan untuk menghadapi penyelidikan menyangkut perselingkuhan Iris. Masalahnya, Iris (60 tahun) diduga memberi bantuan keuangan secara tidak wajar kepada kekasihnya, yang masih berusia 19 tahun.

Bantuan itu dilakukan Iris saat masih menjalin hubungan asmara dengan mantan stafnya itu sekitar dua tahun lalu. Kalangan media setempat menduga apakah Iris menyelewengkan uang pembayar pajak Irlandia sebesar puluhan ribu pound sterling demi membantu usaha pacarnya.

Pekan lalu, Iris mengaku pernah menjalin perselingkuhan sekitar kurang dari dua tahun yang lalu. Anggota parlemen Irlandia Utara dari Partai Persatuan Demokratik (DUP) itu mengaku bahwa saat itu dirinya mengalami tekanan mental dan butuh teman curhat (curahan hati) menyusul kematian seorang kerabat.

Saking cintanya dengan kekasih gelapnya itu, Iris kemudian membujuk para kolega dan temannya untuk menyumbang dana. Stasiun televisi BBC mengungkapkan bahwa dana sebesar 50.000 pound sterling (sekitar Rp 457,8 juta) digunakan untuk membantu pacar Iris membuka usaha restoran.

Menurut BBC, yang menjadi masalah adalah bahwa sebagai pejabat publik Robinson kemungkinan mengetahui pengumpulan dana yang dilakukan istrinya. Namun, Robinson tidak segera memberitahukan otoritas parlemen mengenai transaksi keuangan itu.
 
Skandal asmara dan transaksi keuangan yang melibatkan pasangan Robinson itu menghebohkan publik di Irlandia Utara. Pasalnya, Iris sendiri dikenal sebagai politisi Protestan yang konservatif, salah satunya menentang praktik homoseksual.

Bagi kalangan politisi, skandal itu bisa menimbulkan krisis kepercayaan atas Partai DUP, terutama dari basis pendukung Protestan konservatif. Bahkan, masalah itu bisa mengganggu kemitraan antara DUP dengan partai Katolik Sinn Fein. Kedua gerakan itu selama ini berujuang memelihara perdamaian di Irlandia Utara.

Sementara itu, Robinson mengungkapkan bahwa istrinya kini tengah menjalani perawatan psikiater karena mengalami tekanan batin. Robinson pun memilih mundur dari gelanggang politik untuk menyelamatkan rumah tangganya. Dia sementara ini diganti oleh Arlene Foster.
  
Perdana Menteri Britania Raya (Inggris), Gordon Brown, meminta agar semua politisi di Irlandia Utara tidak terpengaruh oleh gonjang-ganjing skandal Robinson itu. (AP)

Tak Melulu Konsumsi Pil Vitamin, Ini 5 Buah yang Mengandung Vitamin C Tinggi
Lolly, putri sulung Nikita Mirzani

Tegas! Nikita Mirzani Coret Nama Lolly dari KK, Hak Waris, dan Asuransi: Sudah Gak Peduli!

Lolly sendiri saat ini sudah pulang ke Indonesia setelah tinggal lama di London, Inggris. Nikita Mirzani tahu anaknya itu pulang berdasarkan informasi dari sosial media.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024