Vatikan dan Kanada Laporkan Kasus Pertama Virus Corona

Vatikan
Vatikan
Sumber :
  • VIVA/Ezra Sihite

VIVA – Vatikan melaporkan kasus pertama pasien positif corona, Jumat 6 Maret 2020. Setelah pada Kamis lalu pasien tersebut dirawat di layanan rawat jalan di klinik Vatikan.

Dengan adanya penemuan pasien positif di Vatikan, pihak Vatikan akan menutup sementara layanan rawat jalan di kliniknya.

Juru bicara, Vatikan, Matteo Bruni, mengatakan layanan rawat jalan di klinik Vatikan untuk sementara ditutup guna membersihkan area tersebut.  Dikutip dari laman The Sun, Matteo mengatakan bahwa Vatikan telah memberitahu otoritas kesehatan Italia, dan layanan darurat akan terus berlanjut.

Bukan hanya Vatikan saja, hari ini Kanada juga melaporkan kasus pertama virus corona atau Covid-19. Pasien positif itu merupakan wanita di British Columbia yang belum lama bepergian, dan tidak diketahui memiliki kontak dengan pasien lain yang diidentifikasi.

Wanita itu berada di antara delapan pasien baru di provinsi yang diumumkan oleh Menteri Kesehatan Kanada, Adrian Dix, dan petugas kesehatan provinsi, Dr Bonnie Henry, pada Kamis sore.

Di antara kasus-kasus tersebut, adalah kasus pertama yang diketahui di Kanada yang melibatkan turis dari AS. Pasien itu adalah seorang wanita yang telah melakukan perjalanan dari negara bagian Washington, yang muncul sebagai hotspot baru untuk penyakit ini.

Sementara itu, di dalam negeri, Juru Bicara untuk Penanganan Covid-19 di Indonesia, Achmad Yurianto kembali mengumumkan dua pasien positif corona di Indonesia, tadi sore. Dengan demikian dalam pekan ini ditemukan empat pasien positif corona.