Logo ABC

Karantina Hotel Warga Australia yang Baru Tiba Dibiayai Negara

Mereka yang tiba di Australia mulai Sabtu malam harus menjalani karantina selama dua minggu di hotel atas biaya negara.
Mereka yang tiba di Australia mulai Sabtu malam harus menjalani karantina selama dua minggu di hotel atas biaya negara.
Sumber :
  • abc

Mulai hari Sabtu malam (28/3), semua penumpang dari luar negeri yang baru tiba di Australia harus menjalani karantina selama dua minggu di hotel di mana mereka tiba.

Penumpang yang baru tiba di Australia akan dikarantina di kota kedatangan, bukan di kota mereka tinggal Tasmania melarang lebih dari 10 orang berkumpul mulai Jumat sore pukul 6Banyak kasus COVID-19 ditemukan di kawasan-kawasan dengan penduduk kelas atas

Pengumuman ini dikeluarkan oleh Perdana Menteri Scott Morrison hari Jumat (27/3/2020), yang juga mengatakan biaya penginapan di hotel akan ditanggung oleh pemerintah.

Kebijakan ini diambil karena mereka yang baru tiba di luar negeri, yang seharusnya menjalani karantina sendiri, malah tidak melakukannya.

Ada kekhawatiran tinggi jika mereka akan menyebarkan virus ke warga lokal, terutama yang baru turun dari kapal pesiar.

Sejauh ini, sebagian besar kasus positif COVID-19 yang terjadi di Australia berasal dari mereka yang melakukan perjalanan ke luar negeri.

Pasukan militer Australia akan dikerahkan untuk menjaga hotel-hotel yang akan digunakan menampung warga yang baru datang, termasuk membantu polisi untuk memastikan karantina dipatuhi.

"Bila rumah mereka di Australia Selatan atau di Perth, atau di Tasmania, dan bila mereka tiba di Melbourne, mereka akan dikarantina di Melbourne."

Di Melbourne, Kepala Negara Bagian Victoria, Premier Daniel Andrews mengatakan saat ini sekitar 1.300 sampai 2.000 orang tiba di Melboourne setiap harinya.