PM India Memohon Ampun Pada Rakyatnya karena Menerapkan Lockdown

Perdana Menteri India Narendra Modi.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Pandemi virus corona sudah memakan ribuan korban jiwa dan menyebabkan banyak negara menerapkan lockdown untuk memutus rantai menyebaran COVID-19, tak terkecuali India. Pemerintah India memutuskan untuk menerapkan lockdown total, melarang 1,3 miliar penduduknya meninggalkan rumah mereka.

Salat Id di Masjid Agung Al-Azhar, JK Ngaku Senang Lebaran Kali Ini Ramai

Sejak kebijakan lockdown total diumumkan Selasa 24 Maret 2020, semua bisnis di India tutup menyebabkan banyak warga India kehilangan pekerjaan dan hidup dalam kelaparan. Keputusan itu memicu eksodus pekerja migran keluar dari kota-kota besar, seperti New Delhi.  

Puluhan ribu pekerja migran terpaksa berjalan ratusan kilometer ke kampung halamannya, karena transportasi umum dihentikan. Bahkan dilaporkan satu orang pekerja meninggal akibat kelelahan karena berjalan menuju kampung halamannya sepanjang 270 kilometer.

2 Keuntungan Bisa Didapat Konsumen dari Konsep Ini

Perdana Menteri India, Narendra Modi, meminta pengampunan kepada rakyat India setelah menerapkan lockdown dalam pidato radio mingguannya, Minggu 29 Maret 2020. Dia memohon maaf karena telah menyakiti jutaan rakyatnya yang miskin akibat dampak dari kebijakan penutupan wilayah. 

Dia mengatakan tidak ada cara lain untuk menghentikan penyebaran virus yang sangat cepat. "Terutama ketika saya melihat saudara-saudari saya yang malang. Saya dapat merasakan bahwa mereka pasti berpikir, perdana menteri seperti apa yang telah menempatkan kami dalam kesulitan ini? Saya secara khusus memohon pengampunan," katanya dikutip dari BBC, Senin 30 Maret 2020.

Restrukturisasi Kredit Berakhir, Bank Mandiri: Kondisi Debitur Terdampak COVID-19 Kembali Normal

"Mungkin banyak yang marah pada saya karena dikunci di rumah mereka. Saya mengerti kesulitan Anda, tapi tidak ada cara lain untuk berperang melawan virus corona. Ini adalah pertempuran hidup dan mati, dan kita harus memenangkannya," kata Narendra.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan India, jumlah kasus virus corona telah mencapai 979 orang dan 25 pasien sudah meninggal sejauh ini.

Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong

PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya

Perdana Menteri (PM) Singapura, Lee Hsien Loong akan mengundurkan diri dari jabatannya bulan depan. Wakilnya, Lawrence Wong, yang nantinya akan mengambil alih jabatan ter

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024