Logo ABC

Denda Menanti Warga Australia yang Keluyuran Saat Wabah Corona

Semua negara bagian di Australia mengatakan polisi akan mulai mengenakan denda bagi mereka yang masih keluar rumah lebih dari dua orang dalam urusan yang tidak penting.
Semua negara bagian di Australia mengatakan polisi akan mulai mengenakan denda bagi mereka yang masih keluar rumah lebih dari dua orang dalam urusan yang tidak penting.
Sumber :
  • abc

Walau angka penularan virus corona di Australia menurun dalam beberapa hari terakhir, hampir semua negara bagian menerapkan aturan yang lebih ketat untuk pergerakan warga.

Penularan menurun namun belum aman. Jumlah angka penularan baru di New South Wales dan Victoria menurun dalam beberapa hari terakhir. Aturan warga semakin diperketat, dengan hanya diperbolehkan maksimal dua orang.

Setiap negara bagian kini menerapkan denda bagi yang melanggar aturan.

Jumlah warga di Australia yang dinyatakan positif tertular virus corona telah mencapai 4.159 orang.

18 di antaranya meninggal dunia dan lebih dari 240 orang dinyatakan sembuh.

Kemarin (29/03), Perdana Menteri Australia Scott Morrison mengumkan aturan baru, yakni maksimal dua orang yang boleh bertemu atau berkumpul.

Kini setiap pemerintah negara bagian akan mulai menerapkannya, bahkan di sejumlah negara bagian akan ada denda yang melanggar aturan tersebut.

Warga diperbolehkan ke rumah, hanya jika untuk keperluan membeli kebutuhan pokok, keperluan medis yang darurat, pergi ke kantor atau sekolah jika tidak mungkin melakukannya dari rumah.

Victoria, dengan ibu kota Melbourne: denda langsung di tempat dengan lebih dari AU$ 1.600Australia Selatan, dengan ibukota Adelaide: denda senilai AU$ 1.000Kawasan Ibukota Australia, dengan ibukota Canberra: tahap pertama dengan edukasi dan peringatan, tahap kedua penjatuhan dendaNew South Wales, dengan ibukota Sydney: melibatkan kepolisian untuk penerapan aturanTasmania, dengan ibukota Hobart: akan diterapkan oleh kepolisian, dengan ancaman ditangkap dan dijatuhi hukumanKawasan Australia Utara, dengan ibukota Darwin: masih menerapkan aturan pertemuan dengan maksimal 10 orangQueensland, dengan ibukota Brisbane: denda langsung di tempat sebesar AU$ 1.300Australia Barat, dengan ibukota Perth: akan memperkenalkan denda langsung di tempat lokasi sebesar AU$ 1.000Kasus di NSW masih tertinggi

Kepala negara bagian New South Wales, Premier Gladys Berejiklian mengatakan polisi di negara bagian tersebut akan mulai menerapkan aturan maksimal dua orang yang bertemu atau berkumpul pada Senin malam (30/3).

Dalam 24 jam terakhir sampai Senin pagi, terdapat 127 kasus baru di NSW sehingga keseluruhan kasus di sana adalah 1.918, tertinggi di Australia.