Corona: Presiden Meksiko Sempat-sempatnya Temui Ibu Bos Kartel Narkoba

Kartel narkoba paling terkenal di dunia, Joaquin 'El Chapo' Guzman
Sumber :
  • CNN

VIVA – Presiden Meksiko, Andrés Manuel López Obrador menuai cibiran hingga protes warganya terkait pelesirannya ke Badiraguato di tengah wabah Corona COVID-19.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Padahal sebelumnya Kementerian Kesehatan telah meminta kepada 130 juta warga Meksiko untuk tidak meninggalkan rumah demi menekan angka persebaran virus Corona COVID-19. Namun, kurang dari 24 jam setelahnya, Obrador justru diketahui mengunjungi Badiraguato yang tak lain adalah tempat kelahiran Joaquin “El Chapo” Guzman yang merupakan bandar narkotika dan pemimpin sindikat kriminal kelas kakap yang kini mendekam di penjara Amerika. 

Terletak di utara Sinaloa, Badiraguato adalah bagian dari segitiga emas Meksiko. Wilayah ini merupakan daerah miskin yang banyak jadi ladang ganja dan tanaman poppy yang merupakan bahan dasar opium. Badiraguato oleh karena itu bak menjadi jantung perdagangan obat-obatan terlarang. 

5 Negara Bagian dengan Cadangan Minyak Terbesar di AS

Kontroversi tidak hanya berhenti sampai soal kunjungannya. Tak lama beredar sebuah rekaman video menunjukkan Obrador juga mengunjungi ibunda El Chapo, Maria Consuelo Loera Perez untuk memberikan salam. Maria yang tengah berada di dalam mobil dilaporkan sempat berjabat tangan dengan Obrador dikutip dari The Guardian.

“Jangan keluar,” tutur Obrador kepada wanita berusia 92 tahun tersebut. “Akan kuambilkan suratmu,” lanjutnya.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Video tersebut juga memperlihatkan kedekatan Obrador dengan kerabat El Chapo yang lain. Banyak yang menduga bahwa kunjungan ini berhubungan dengan ulang tahun ke-30 putra El Chapo yang bernama Ovidio Guzman Lopez. 

Sebelumnya, Presiden Meksiko juga menuai kritik keras karena dinilai lamban dalam menangani wabah Corona. Momen ini pun lantas mendapat tanggapan dari lawan politiknya, Marko Cortes. Ia menyebut bahwa pertemuan Obrador dengan keluarga El Chapo adalah sebuah penghinaan terhadap korban kartel dan pasukan bersenjata yang gugur demi menghentikan sepak terjang kejahatan El Chapo. 

“Kamu (Obrador) harus menjelaskan hubunganmu dengan keluarga ini,” cuit Corte melalui akun Twitter-nya. 

Sejak memimpin Meksiko pada 2018 silam, kali ini merupakan kunjungan kedua Obrador ke Badiraguato. Dalam kampanyenya, Obrador juga berjanji akan mengangkat daya ekonomi kemiskinan wilayah yang dikenal sebagai penghasil narkotika dan obat-obatan terlarang ini.

Baca juga: Tagar Tolak Darurat Sipil dan Luhut Trending Twitter, Ini Hubungannya

Laporan: Nariyati
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya