Logo ABC

Geger Kini Warga China Diskriminasi Orang Asing Dituduh Bawa Corona

Salah satu kartun yang beredar di media sosial Weibo di China, merefleksikan rasiste terhadap warga asing di negara itu.
Salah satu kartun yang beredar di media sosial Weibo di China, merefleksikan rasiste terhadap warga asing di negara itu.
Sumber :
  • abc

Sejumlah warga asing di China mengaku mendapat perlakuan diskriminasi dan rasisme, setelah ditemukan banyak kasus virus Corona di China berasal dari mereka yang datang dari luar negeri.

  • Sejumlah usaha bisnis di China menolak melayani orang asing karena takut tertular COVID-19
  • Seorang warga Australia yang bekerja di China dipecat karena melanggar pembatasan sosial
  • PBB peringatkan adanya peningkatan "xenophobia" dan kebencian terhadap pendatang akibat pandemi virus corona

Sejak pandemi virus corona, warga berpenampilan Asia menghadapi serangan "xenophobia", atau rasa benci terhadap warga asing di berbagai negara, seperti di Australia.

Kini sebaliknya, justru warga asing di China yang mendapat perlakuan serupa.

Pekan lalu, sebuah komik yang beredar di platform media sosial yang populer di China, yakni Weibo, menggambarkan orang asing dibuang ke tempat sampah.

Postingan ini disertai judul, "Buku Petunjuk Bergambar tentang Menyortir Sampah Asing".

Orang asing berkulit gelap dan berambut pirang berada di dalam tempat sampah yang bertuliskan, "Saya diundang ke sini, dan sama sekali tidak bisa memenuhi permintaan sepele [mengikuti aturan karantina]."

Di sampingnya berdiri petugas kesehatan dengan pakaian pelindung diri, lengkap dengan alat penyemprot.

Orang asing ini menjadi target untuk "dibuang" juga karena tindakan tak bermoral lainnya, seperti mengunggah komentar anti-China, menipu perempuan China untuk layanan seks dan uang, serta menyerang petugas kesehatan setelah ia dinyatakan positif mengidap virus corona.

"Upaya pencegahan epidemi belum selesai. Saya harap tidak akan menyortir sampah asing lagi," demikian dikatakan petugas dalam komik itu.

"Jika kamu tidak mau pakai masker, pulang saja ke negara asalmu," katanya.

Chinese restaurant asks foreigners to stay away Tukang cukur di Beijing menolak melayani orang asing di...

Space to play or pause, M to mute, left and right arrows to seek, up and down arrows for volume. Tukang cukur di Beijing menolak melayani orang asing di tengah pandemi virus corona saat ini. ( ABC News )