Logo BBC

Terpaksa LDR karena Virus Corona, Ini Kisah dan Kiat Syahdunya Cinta

BBC Indonesia
BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Berbagai pembatasan untuk menangkal virus corona telah membuat banyak orang tidak bisa menemui keluarga dan kawan-kawan mereka secara langsung. Bagaimana kita bisa menjalin hubungan yang lebih bermakna saat menggunakan sambungan telepon atau aplikasi video? Para pakar memberikan kiat-kiat berikut ini.

Menjalin hubungan dengan pendengaran

Gambar yang mengilustrasikan `menjalin hubungan dengan pendengaran`.
BBC

Saat rindu bertemu kawan-kawan, kita bisa tergoda untuk melakukan banyak panggilan video. Namun penelitian menunjukkan kita mungkin lebih baik dalam mendeteksi emosi orang lain tanpa petunjuk visual.

Kiat dari kami:

  • Diam itu emas: Ini sulit dilakukan dalam percakapan telepon, karena orang bisa mengira keheningan sebagai tanda saluran telepon terputus. Tapi sama-sama diam bisa membuat kita merasa dekat. Selain itu, fakta bahwa kita mendengarkan secara suportif memungkinkan si pembicara memiliki pemikiran kreatif yang jauh lebih kaya saat mereka diam.
  • Waktu bicara yang sama: Dalam obrolan dengan teman atau orang tua, kita perlu memastikan waktu bicara dibagi secara merata antara kedua belah pihak. Tidak ada gunanya menelepon ibu Anda dan hanya bicara di depan wajahnya selama 30 menit.
  • Menyimak dengan penuh perhatian: Menggunakan teknik yang disebut "deep listening" bisa membuat lawan bicara Anda merasa benar-benar dipahami. Teknik ini meliputi memberikan semua perhatian kita kepada lawan bicara, mendengarkan dengan rasa ingin tahu dan tanpa menghakimi kata-kata, emosi, dan makna yang mendasarinya, kemudian meringkas pandangan mereka untuk memastikan bahwa Anda mengerti.

Sumber: Profesor psikologi Christian van Nieuwerburgh, dari University of East London, dan pakar neurosains yang berbasis di AS David Eagleman.