Aksi Muslim Donatur di Malaysia

Perbaiki Gereja Demi "Tegakkan Syiar Islam"

VIVAnews - Seorang umat Muslim di Malaysia yang menggalang aksi amal lewat internet untuk memperbaiki gereja rusak mengaku sangat terkesan dengan respon para umat dari berbagai agama. Diantara mereka yang menyumbang adalah Marinah Mahathir, putri mantan Perdana Menteri Mahathir Mohamad.

Dalam waktu empat hari, blogger bernama Dr Mohamad Rafick Khan Abdul Rahman tersebut berhasil mengumpulkan dana sebesar RM8.467 (sekitar Rp 23,2 juta). Dana itu telah diserahkan Rabu lalu berupa cek kepada pengurus Gereja Metro Tabernacle (Tabernakel Metro), yang menjadi sasaran perusakan oleh kelompok tak dikenal pada Jumat pekan lalu

Rafick mulai mengumpulkan dana melalui blognya, http://rights2write.wordpress.com, segera setelah mengetahui kabar penyerangan gereja. Dia mengatakan, donasi datang dari berbagai negara, paling jauh dari Inggris dan negara lain di Eropa.

Sebagian besar penyumbang dana adalah para pembaca blog dan teman-temannya. Sekitar 33 persen dari pemberi sumbangan adalah etnis Melayu muslim.

Dia mengaku, awalnya sempat bimbang apakah aksinya itu mendapat restu dari teman-temannya yang sesama Muslim. "Apakah saya akan diejek oleh sesama Muslimin karena menggalang dana untuk memperbaiki gereja?" tulis Rafick dalam bahasa Inggris di blog pribadi.

Ternyata, teman-teman Rafick memberi sambutan positif. Mereka bahkan menilai aksi pria berusia 45 tahun itu dalam rangka Syiar Islam.

"Saya sangat senang dengan hasilnya. Tidak ada satupun teman-teman Muslim dan anggota komunitas yang tidak setuju. Bahkan, sejumlah cendekia Islam yang saya kenal malah menyatakan bahwa saya telah melakukan hal yang tepat. Banyak dari mereka yang berterimakasih kepada saya karena 'Menegakkan Syiar Islam'," lanjut Rafick.

Dalam blognya itu, dia menyayangkan aksi pembakaran sejumlah gereja di Malaysia.

Melalui aksi galang dana, pria 45 tahun tersebut ingin mengirim pesan bagi bangsanya dan dunia bahwa masih banyak umat muslim yang cerdas di Malaysia yang bisa membedakan mana yang salah dan benar. "Banyak umat Muslim yang meyakini nilai keagamaan. Banyak umat Muslim yang peduli," kata Rafick.

Melalui blognya, Rafick menujukkan cek hasil penggalangan dana melalui transaksi internet. Dia pun juga mendokumentasikan beberapa foto penyerahan sumbangan kepada pengurus gereja sambil disaksikan oleh polisi setempat.

Rafick pun terkesan bahwa diantara daftar penyumbang terdapat nama Marinah Mahathir yang memberi dana RM 1.000. Dia adalah putri mantan PM Mahathir Mohamad. Selain memuat daftar 169 nama penyumbang, Rafick juga membuat komposisi etnis para donatur. Mereka berasal dari berbagai etnis, baik Melayu, China, India, dan lain-lain.

Vespa World Days 2024 Pecahkan Rekor di Pontedera
Bimbingan Menulis Maxnovel (Doc: Istimewa)

Gandeng Sejumlah Kampus di Indonesia, Maxnovel Tumbuhkan Minat Baca Melalui Karya Fiksi

MaxNovel bersama dengan berbagai universitas di Indonesia, termasuk LP3I, bekerja sama dalam rangka memberdayakan kemampuan para penulis muda.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024