Miris di Saat Wabah, Kanada Terima 1 Juta APD Tak Layak dari China

Bendera Kanada
Sumber :

VIVA – Juru Bicara Badan Kesehatan Masyarakat Kanada, Eric Morrissette, mengatakan, ada sekitar 1 juta respirator KN95 yang mereka dapat dari China dengan kondisi tidak memenuhi standar untuk digunakan para tenaga kesehatan yang sedang berjuang melawan wabah COVID-19.

Joe Biden Sahkan Undang-undang yang Membuat Tiktok Terancam Diblokir

Morrissette menambahkan, situasi ini membuat pemerintah Kanada kesulitan untuk membagikan secara gratis masker kepada masyarakat. Sebab, masker yang rencananya diperuntukkan masyarakat terpaksa dialihkan terlebih ke petugas kesehatan yang masih membutuhkan.

Ketidaklayakan respirator tersebut menambah tantangan Kanada dalam memerangi virus corona. Apalagi, otoritas kesehatan di Kanada masih kekurangan pasokan alat pelindung diri (APD).

Viral Bule Kanada Ungkap Pengalaman Nikah dengan Wanita Indonesia: Mereka yang Terbaik

Sekedar informasi, respirator KN95 merupakan model pelindung diri buatan China, yang mirip dengan N95. Respirator merupakan pelindung wajah, setelah masker, yang digunakan para perawat, dokter, dan petugas medis untuk berjuang melawan virus corona.

Sementara itu, China telah menjadi pemasok 70 persen impor APD bagi Kanada. Sisanya, Kanada mengimpor APD dari Amerika Serikat, Swiss, dan Inggris. 

Sejarah Tercipta Thomas Cup dan Uber Cup, Sempat Tertunda Gegara Perang Dunia II

Lebih lanjut, Morrissette merasa, persaingan dengan negara lain dalam memperebutkan alat medis di pasar internasional memicu kelangkaan. Ke depan, Badan Kesehatan Masyarakan Kanada akan lebih ketat dalam melakukan verifikasi kualitas persediaan dari APD yang dibeli maupun yang disumbangkan untuk memastikan mereka yang berjuang memenuhi spesifikasi sesuai standar.
  
"Sampai saat ini, Badan Kesehatan Masyarakat Kanada mengidentifikasikan sekiran 1 juta respirator KN95 yang tidak sesuai dengan spesifikasi. Ini sangat mengganggu kerja tenaga kesehatan," ucap Morrissette, seperti dikutip The Globe and Mail, Jumat 24 April 2020.

Baca Juga: Diklaim Tak Ada Kematian karena Corona, Vietnam Longgarkan Lockdown

Mobil listrik bZ3C

Mobil Listrik Toyota bZ3C dan bZ3X Resmi Meluncur, Begini Tampilannya

Toyota meluncurkan dua mobil listrik terbarunya, yakni Toyota bZ3C dan Toyota bZ3X. Saudara dari mobil listrik bZ4X tersebut diluncurkan pada ajang Beijing Auto Show 2024

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024