Logo BBC

Napi Berjejalan di Penjara El Salvador, Target Empuk Monster Corona

BBC Indonesia
BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Penjara yang terlalu penuh penghuni termasuk mudah ditemukan di Amerika Latin. Narapidana biasanya berjejalan di sel sempit. Tak mungkin mereka bisa menjaga jarak. Ditambah dengan fasilitas kesehatan yang buruk, virus corona akan menyebar di sana seperti api di kayu bakar.

Perserikatan Bangsa-bangsa telah menyerukan agar negara-negara anggotanya melindungi narapidana, dan menyarankan agar mereka yang paling rentan dilepaskan untuk mengatasi persoalan penjara yang kepenuhan.

Chile, Kolombia dan Nikaragua telah mengumumkan akan memindahkan ribuan narapidana ke tahanan rumah, dengan prioritas diberikan kepada orang tua, perempuan hamil dan mereka yang berpenyakit.

Brasil sudah mulai memindahkan sekitar 60 narapidana jadi tahanan rumah, sementara Peru mengatakan sedang merencanakan pemberian amnesti kepada narapidana yang paling rentan.

Namun hingga kini El Salvador belum melakukan apa-apa, padahal mereka adalah negara dengan jumlah narapidana per kapita tertinggi di dunia sesudah Amerika Serikat.

Selama puluhan tahun, El Salvador dilanda persoalan kekerasan antar geng dan penjara mereka kewalahan.

Juru foto Tariq Zaidi menghabiskan dua tahun mendokumentasikan kondisi di penjara-penjara El Salvador sebelum wabah virus corona menyebar di Amerika Tengah.