Logo ABC

Bagaimana Korea Utara Tangani Corona Saat Kurang Air Bersih dan Sabun

Banyak pihak yang skeptis dengan pernyataan Korea Utara bahwa tidak ada kasus COVID-19 di sana.
Banyak pihak yang skeptis dengan pernyataan Korea Utara bahwa tidak ada kasus COVID-19 di sana.
Sumber :
  • abc

Korea Utara menutup perbatasannya dengan China 22 Januari lalu, sehari sebelum status "lockdown" diberlakukan di kota Wuhan, China, pusat penyebaran corona Wuhan.

Pandemi COVID-19 di Korea Utara Korea Utara mengatakan tidak memillik kasus COVID-19 di negaranyaPara ahli meragukan Korea Utara dan mengkhawatirkan sistem layanan kesehatan yang lemah

Banyak fasilitas medis tidak memiliki air bersih, listrik sabun dan hand sanitiser

Apakah Pyongyang, ibukota Korea Utara, mengetahui sesuatu mengenai virus tersebut yang tidak diketahui negara lain? Atau mereka justru bereaksi cepat karena menganggap sebagai ancaman besar bagi kesehatan?

Jawabannya, seperti banyak juga hal lain soal Korea Utara, sulit dipastikan karena negara ini adalah salah satu negara yang paling tertutup di dunia.

Namun, paling tidak menurut media milik pemerintah Korea Utara, usaha Korea Utara memerangi COVID-19 berhasil, karena sejauh ini tidak sama sekali mencatat adanya kasus corona.

"Saya curiga mengenai angka nol itu," kata W Courtland Robinson, asisten profesor di Johns Hopkins University di Amerika Serikat kepada ABC.

"Dengan tindakan yang diambil lebih awal, melihat kedekatannya dengan China, dan betapa cepatnya virus itu menyebar, besar kemungkinan Korea Utara paling tidak memiliki beberapa kasus."