Bahkan Media-media Suriname Ramai Beritakan Didi Kempot Meninggal

Didi Kempot.
Sumber :
  • Instagram @didikempot_official

VIVA – Ucapan dukacita atas meninggalnya Didi Kempot rupanya tidak hanya datang dari artis dan tokoh serta para penggandrung yang diberikan oleh media di Indonesia. Berita meninggalnya Didi Kempot yang bernama asli Dionisius Presetyo itu juga tersiar di luar negeri. Suriname, negara yang sering dikunjungi Didi Kempot juga turut berduka. Bahkan, beberapa media di Suriname mengabarkan kepergian Didi Kempot.

Indeks Keselamatan Jurnalis 2023 Ungkap Keamanan saat Peliputan Belum Terjamin Penuh

"Didi Kempot sudah tiada," tulis media DWT Online pada Selasa, 5 Mei 2020.

"Seniman legendaris Indonesia yang tidak hanya dikenal di kalangan orang Jawa di Suriname meninggal beberapa jam lalu karena serangan jantung," lanjut media berbahasa Belanda tersebut.
Media tersebut juga mengutip perkataan yang menyatakan bahwa Didi Kempot berkontribusi banyak dalam melestarikan bahasa Jawa melalui lagu-lagunya.

Buka Puasa Bersama Wartawan, Irjen Sandi Bicara Pentingnya Peran Media Kawal Agenda Nasional

"Saya pikir tidak ada orang Suriname yang tidak mengenalnya," kata penggandrung yang bernama Partodongso.

Tidak hanya DWT Online, media Suriname lainnya yang memberitakan kepulangan Lord Didi. Adalah Star Nieuws, media yang juga berbahasa Belanda tersebut menyampaikan perjalanan karier bermusik Didi Kempot serta keluarganya yang bergelut di dunia seni.

Viral Seorang Wanita Terapkan Hidup Hemat Ekstrem: Bisa Menabung Rp1,1 Miliar

Star Nieuws mengatakan, musik Didi Kempot berkontribusi dalam memperkuat ikatan dan persaudaraan keturunan Indonesia dengan kelompok lain dalam masyarakat Suriname yang majemuk.

Didi Kempot sangat populer di Suriname. Pada Oktober 2018, ia terakhir mengunjungi negara di kawasan Amerika Selatan itu dengan tur bertajuk "Layang Kangen" yang sukses digelar. Pada saat pertunjukan terakhirnya, Lord Didi bahkan menerima penghargaan dari Presiden Suriname Desi Bouterse karena kecintaan Didi pada Suriname. Didi Kempot telah melakukan sepuluh pertunjukan di Suriname dalam kurun waktu 20 tahun terakhir.

Didi Kempot yang memiliki julukan The God Father of Broken Heart meninggal di rumah sakit Kasih Ibu di Solo pada Selasa, 5 Mei 2020 pukul 07.45 WIB di usianya yang ke 53 tahun.

Baca juga: Wali Kota Solo Gambarkan Betapa Baik Hatinya Didi Kempot

Laporan: Dion Yudhantama?

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya