Logo BBC

Terungkap Maskapai Penerbangan Iran Biang Kerok Penularan Corona

BBC Indonesia
BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Mahan Air plane
BBC
BBC News Arabic has analysed flight tracking data and spoken to Mahan Air insiders to show how this airline violated some government flight bans.

BBC menyelidiki bagaimana sebuah maskapai penerbangan Iran Mahan Air, berperan dalam menyebarkan Covid-19 di Timur Tengah karena maskapai ini tetap beroperasi meskipun sejumlah negara telah melarang penerbangan dengan Iran.

BBC News Arab menganalisis data penerbangan dan berbicara dengan beberapa orang di Mahan Air untuk menunjukkan bagaimana maskapai ini tetap terbang meskipun pemerintah telah ratusan kali melarang penerbangan dari akhir bulan Januari sampai akhir bulan Maret.

Mahan Air tetap melakukan penerbangan ke dan dari Iran, Uni Emirat Arab, dan Suriah.

Seluruh negara ini pasti telah memberikan izin mendarat kepada Mahan Air, meskipun mereka sendiri sudah melarangnya.

Iran menghentikan seluruh penerbangan rutin ke dan dari China pada tanggal 31 Januari dan sejumlah negara lainnya telah melarang penerbangan dari Iran pada bulan Februari dan Maret, karena negara itu menjadi pusat wabah virus corona di Timur Tengah.

Meskipun demikian, maskapai tersebut tetap terbang, membuatnya dikritik telah membahayakan kesehatan penumpang dan awak pesawat. Awak pesawat dibungkam lewat ancaman pidana ketika menyatakan kekhawatiran akan menyebarkan virus kepada orang-orang terdekat mereka disamping negara itu sendiri.