Logo BBC

Kelab Malam di Seoul Jadi Penghancur Status Nihil Corona Korsel

BBC Indonesia
BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Jumlah kasus positif virus corona yang terkait dengan berbagai bar dan kelab malam di kawasan hiburan Itaewon, Kota Seoul, melonjak menjadi 86 kasus pada Senin (11/05), sebut para pejabat kesehatan Korea Selatan.

Angka itu mencakup 63 pengunjung kelab malam beserta 23 teman dan anggota keluarga mereka yang berkontak langsung, sebut Pusat Penanganan Keselamatan dan Bencana dalam keterangan.

Dari 86 kasus, sebanyak 35 di antaranya dipastikan pada Senin (11/05)— jumlah kasus harian terbesar sejak 9 April silam sehingga totalnya menjadi 10.909 kasus.

Pemerintah Korsel memperingatkan kemungkinan terjadinya lonjakan kasus di klaster Itaewon sejak kasus pertama diduga muncul pada Rabu (06/05), hampir sepekan setelah Korsel mencatat tidak ada kasus baru Covid-19 yang berasal dari penularan domestik.

"Prioritas utama kami adalah meminimalisasi penyebaran penyakit di kawasan Seoul raya," cetus Perdana Menteri Korsel, Chung Sye-kyun, dalam rapat dengan para pejabat pemerintah, pada Senin (11/05).

Chung meminta pemerintah daerah bekerja sama dengan kepolisian untuk melacak pengunjung yang belum diketahui keberadaannya.