71 WNI Positif COVID-19 di Saudi, Mayoritas Sopir dan Cleaning Service

Direktur Perlindungan WNI Kemenlu, Judha Nugraha (kanan) update kasus Corona.
Sumber :
  • VIVA/Dinia

VIVA – Kementerian Luar Negeri mencatat terdapat 100 warga negara Indonesia di Arab Saudi yang positif terinfeksi vius Corona atau COVID-19. Dari total tersebut, sebanyak 17 orang sembuh dan 12 di antaranya telah meninggal dunia.

Kasus COVID-19 di DKI Jakarta Naik Sejak November 2023

"Di Arab Saudi, 71 WNI confirmed positif COVID-19. Berdasarkan informasi Konsulat Jenderal RI di Jeddah dan Kedutaan Besar RI di Riyadh, paling banyak kasus di Mekkah dan Madinah," kata Direktur Perlindungan WNI Kemenlu, Judha Nugraha, Rabu 13 Mei 2020.

Judha mengatakan dari keseluruhan kasus WNI positif di Arab Saudi, sebagian besar adalah pekerja migran Indonesia yang berprofesi sebagai sopir dan cleaning service. Terkait hal ini, perwakilan RI di Saudi telah berkomunikasi dengan otoritas setempat.

Pakar Imbau, Waspadai Pandemi Disease X, Mematikan Dibanding COVID-19

"Komunikasi dengan otoritas setempat dilakukan agar ada pencegahan antara lain melengkapi pekerja migran dengan alat pelindung diri untuk mencegah penularan COVID-19 di tempat kerja," ujar Judha dalam keterangan pers virtual.

Selain di Arab Saudi, kasus WNI positif COVID-19 di luar negeri terbanyak terjadi di Malaysia 108 WNI, India 75 WNI, Singapura 51 WNI, dan Amerika Serikat 60 WNI. Sementara total keseluruhan confirmed cases COVID-19 untuk WNI di luar negeri adalah sebanyak 767 orang.

Epidemiolog Sebut Virus Nipah Bisa Jadi Pandemi, Berpotensi Masuk Indonesia

Baca: Pemerintah China Janji Usut Tuntas Dugaan Eksploitasi ABK WNI di Kapal

Ilustrasi COVID-19/Virus Corona.

COVID-19 di Jakarta Naik Lagi, Total Ada 365 Kasus

Kasus konfirmasi positif COVID-19 di DKI Jakarta kembali meningkat. Per Rabu 13 Desember 2023 tercatat ada sebanyak 131 kasus baru sehingga total kasus aktif 365 kasus.

img_title
VIVA.co.id
13 Desember 2023