Logo BBC

Miliarder Sepupu Sendiri Bongkar Rahasia Presiden Suriah Al-Assad

BBC Indonesia
BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Rami Makhlouf, suriah, bashar al assad, rusia, putin
AFP
Rami Makhlouf telah mengunggah tiga video di internet dalam satu bulan, mengeluhkan perlakuan yang diterimanya.

Dalam video terbaru, yang dibagikan pada hari Minggu 17 Mei, Rami Makhlouf- sepupu Presiden Suriah Bashar al-Assad menatap lensa, berbicara dengan suara pelan, bahkan hampir membisikkan beberapa kalimat.

Makhlouf telah mengunggah tiga video dalam sebulan, mengeluhkan perlakuan yang diterimanya, termasuk mengkritik Presiden al-Assad.

Selama ini Makhlouf dipandang sebagai pendukung setia rezim yang jarang berbicara di depan umum.

Ia dikenal selalu mengambil komisi untuk setiap transaksi bisnis serius di Suriah, hal yang membuatnya mendapat julukan Tuan Lima Persen.

Dalam video paling akhir yang diunggah Makhlouf, tampak janggutnya lebih putih daripada di foto-foto kebesarannya, saat ia memancarkan kekayaan dan kekuasaan, menghitung miliaran sebagai bendahara bukan hanya untuk rezim, tapi juga keluarganya, dua hal yang hampir tak terpisahkan.

Makhlouf tidak kehilangan kemilau kekayaannya. Ia adalah orang yang tidak akan pernah miskin, hal yang jarang di Suriah-tempat yang menurut PBB 80% populasi hidup dalam kemiskinan, hampir 10 juta orang tidak memiliki cukup makanan, dan setengahnya kehilangan rumah karena perang.

Ia tinggal di lembah favorit kelompok super kaya Suriah di jalan keluar dari Damaskus menuju Beirut.

Dalam video-video itu, Makhlouf tampak mengenakan jaket mahal bermerek Italia. Ia duduk di satu sudut di rumahnya, di hadapan tumpukan kayu bakar yang siap untuk musim dingin mendatang.