Logo ABC

Cara Kota Wuhan Lakukan Jutaan Tes Virus Corona dalam Sehari

Pekerja di lokasi pembangunan di kota Wuhan antri untuk menjalani tes COVID-19.
Pekerja di lokasi pembangunan di kota Wuhan antri untuk menjalani tes COVID-19.
Sumber :
  • abc

Petugas kesehatan di kota Wuhan, kota virus corona berasal, mengatakan dalam waktu satu hari saja, yakni pada hari Jumat (22/5/2020), mereka sudah melakukan tes terhadap 1,47 juta orang.

Tes Massal COVID-19 di Wuhan Pemerintah Wuhan mengatakan sudah melakukan tes terhadap 9 juta orang dalam 10 hari Pihak berwenang menggunakan metode "pool testing", cara yang cepat tapi kadang tidak akurat. Beberapa warga Wuhan takut tertular saat hendak mengantri untuk ditest.

Pihak berwenang mengatakan sehari sebelumnya 1 juta orang juga telah menjalani tes, sebagai bagian dari usaha kota tersebut mengetes 11 juta warga di sana.

Sebagai perbandingan, Australia baru melakukan tes terhadap 1,19 juta orang hingga hari Jumat yang sama, sejak wabah mulai terjadi di bulan Januari.

Senin kemarin (25/05), pihak berwenang di Wuhan mengatakan mereka sudah melakukan tes terhadap 9 juta orang dalam waktu 10 hari.

Allen Cheng, direktur unit Epidemiologi dan Pencegahan Infeksi di Rumah Sakt Alfred di Melbourne mengatakan kepada ABC bahwa apa yang dilakukan oleh Wuhan merupakan hal "yang luar biasa".

"Saya kira tidak pernah ada di tempat lain sebelumnya ada begitu banyak tes yang dilakukan," katanya.

Jadi bagaimana pihak berwenang China melakukan hal tersebut?