Logo ABC

Lockdown Melonggar, WHO Ingatkan Penularan Corona Masih Tinggi

Saudi mulai mengizinkan lagi mesjid dibuka untuk Jumatan, namun perjalanan haji dan umroh masih dilarang.
Saudi mulai mengizinkan lagi mesjid dibuka untuk Jumatan, namun perjalanan haji dan umroh masih dilarang.
Sumber :
  • abc

Di saat banyak negara mulai melonggarkan aturan terkait COVID-19, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan gelombang pertama penyebaran virus ini sebenarnya terus meningkat, dengan Brasil saat ini menjadi salah satu yang paling parah.

Gelombang Pertama COVID-19 Saudi Arabia membuka lagi mesjid untuk JumatanSpanyol menyatakan masa berkabung nasional selama 10 hariPresiden Putin mengatakan Rusia sudah melewati masa puncak pandemi

"Kita sebenarnya masih dalam taraf di mana penyakit ini terus meningkat penyebarannya," kata Dr Mike Ryan, direktur eksekutif WHO di Jenewa.

"Sekarang ini kita tidak berada di gelombang kedua. Kita tengah berada di tengah gelombang pertama di seluruh dunia."

Dr Ryan secara khusus menyebut negara Brasil, yang meski kasus terus meningkat, Presiden Jair Bolsonaro sudah dengan semangat berbicara mengenai pembukaan kembali negaranya.

Saat ini kasus positif COVID-19 di Brasil mencapai hampir 375 ribu, kedua terbesar setelah Amerika Serikat dengan 1,6 juta kasus dan tingkat kematian sekitar 23 ribu, namun angka kematian sebenarnya di sana lebih tinggi lagi.

a person in a hazmat suit walks between stretchers of ill people inside a plane. Jumlah kasus positif di Brasil sekarang merupakan kedua yang terbesar di dunia setelah Amerika Serikat.

AP: Felipe Dana