Raffia Arshad Jadi Hakim Berjilbab Pertama di Inggris

Raffia Arshad
Sumber :
  • Facebook

VIVA – Nama Raffia Arshad mendunia setelah beredar kabar di sejumlah media asing, wanita cantik ini menjadi hakim berjilbab pertama di Inggris. 

Artis hingga Komedian Inggris Minta Pemerintahnya Setop Ekspor Senjata ke Israel

Dikutip laman Metro, Raffia Arshad (40), seorang wanita yang telah menjadi salah satu hakim yang mengenakan jilbab pertama di Inggris mengatakan, dia ingin kaum muda Muslim tahu bahwa mereka dapat mencapai apa pun yang mereka pikirkan.

Raffia Arshad mulai memimpikan karier di bidang hukum ketika dia masih berusia 11 tahun. Ketika itu, dia mulai mempertanyakan apakah mungkin, wanita sepertinya bisa meraih mimpinya, dan jika seorang wanita kelas pekerja dari latar belakang etnis minoritas bisa mencapai karier yang tinggi. 

Eca Aura Bikin Pangling Tampil Pakai Hijab, Mirip Banget Sama Nissa Sabyan

30 tahun kemudian, mimpi menjalani karier di bidang hukum pun terwujud. Raffia Arshad bukan hanya seorang pengacara yang sukses, tetapi dia juga resmi dilantik sebagai Wakil Hakim Distrik di wilayah Midlands pekan lalu. 

Angka-angka terbaru dari hakim yang menyatakan informasi mereka ke Kantor Yudisial menunjukkan bahwa, dari 3.210 di pengadilan di seluruh Inggris dan Wales, hanya 205 (6 persen) dari latar belakang BAME. Hanya 1.013 (31 persen) adalah perempuan, per 1 April 2019. 

Declan Rice Bujuk Dua Bintang Inggris untuk Rayu Ben White Kembali ke Timnas

Berbicara kepada Metro.co.uk, ibu tiga anak itu mengatakan dia sekarang ingin memastikan suara keragaman didengar dengan keras dan jelas. Dia berkata, "Ini pasti lebih besar dari saya, saya tahu ini bukan tentang saya. Ini penting untuk semua wanita, tidak hanya wanita Muslim, tetapi sangat penting bagi wanita Muslim. Ini adalah sesuatu yang telah saya upayakan selama beberapa tahun dan saya selalu membayangkan saya akan benar-benar gembira ketika saya mengetahuinya."

"Saya senang, tetapi kebahagiaan yang saya miliki dari orang lain berbagi ini jauh lebih besar."

Baca Juga: Zeina Nassar, Petinju Berhijab Pencatat Sejarah di Jerman

Diakuinya, dia banyak menerima email dari orang, pria dan wanita. Isinya mayoritas berupa dukungan. Mereka merasa bangga, mengenakan jilbab ternyata masih bisa meraih cita-cita tinggi. "Mereka mengenakan jilbab dan mereka pikir mereka bahkan tidak akan bisa menjadi pengacara, apalagi seorang hakim. 

Meskipun Raffia banyak mendapat dukungan, tak dipungkiri dia masih menghadapi diskriminasi dan prasangka. Hakim yang bermarkas di Midlands, yang tumbuh di Yorkshire Barat bahkan sempat mengalami salah satu momen paling mendalam dalam kehidupan kerjanya ketika ia dinasihati oleh anggota keluarganya sendiri untuk tidak mengenakan jilbabnya saat wawancara untuk mendapatkan beasiswa di Inns of Court School Hukum pada tahun 2001. 

Banyak kerabatnya yang berpikir ketika itu, peluang keberhasilannya akan berkurang secara dramatis jika dia memakai jilbab. Tetapi Raffia menolak untuk tunduk pada tekanan. Dia berkata, "Saya memutuskan bahwa saya akan mengenakan jilbab saya karena bagi saya sangat penting untuk menerima orang itu apa adanya dan jika saya harus menjadi orang yang berbeda untuk mengejar profesi saya, itu bukan sesuatu yang saya inginkan."

"Jadi saya lakukan, dan saya berhasil dalam wawancara. Saya diberi beasiswa besar. Saya pikir itu mungkin salah satu langkah pertama yang paling dalam dalam karier saya. Itu adalah 'ya, kamu bisa melakukan ini'."

Setelah pelatihan di London, Raffia dipanggil pada tahun 2002 dan menerima murid di Nottingham, bergabung dengan St Mary's Family Law Chambers pada tahun 2004. Selama 15 tahun terakhir, ia belajar mandiri tentang hukum anak-anak, pernikahan paksa, mutilasi alat kelamin perempuan dan setiap kasus dengan masalah hukum Islam, dan telah menjadi penulis terkemuka dalam Hukum Keluarga Islam atau Islamic Family Law. 

Dia ditunjuk sebagai Wakil Hakim Distrik di wilayah Midlands minggu lalu. Namun, meskipun kesuksesannya berbicara untuk dirinya sendiri, dia mengatakan bahwa kadang-kadang dia masih dikira sebagai klien atau penerjemah ketika berjalan ke ruang sidang.

Baru-baru ini, seorang penjaga pintu bertanya, "Apakah Anda seorang klien?" "Tidak, bukan aku." "Anda harus menjadi penerjemah?" "Tidak, bukan aku." "Apakah Anda di sini ingin bicara tentang pengalaman kerja?" “Tidak, saya sebenarnya pengacara”. 

Meski begitu, Raffia tidak merasa sakit hati. "Saya telah ditunjuk berdasarkan prestasi, bukan karena saya mengenakan jilbab."

Raffia sekarang ingin menginspirasi wanita Muslim lainnya untuk mengikuti impiannya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya