Ibu Hati-hati, Getah Tanaman Berbahaya Ini Bikin Kulit Balita Melepuh

Balita di Inggris dan Skotlandia terkena serangan getah tanaman berbahaya
Sumber :
  • The Sun

VIVA – Balita dan anak-anak di Inggris dan Skotlandia saat ini harus mewasdapai bahaya serangan lainnya selain wabah virus corona atau COVID-19. Meski bukan berwujud virus, namun peringatan bahaya tersebut patut jadi perhatian serius para orangtua.

Lolly Ngaku Bakal Berkarier di Indonesia, Ingin Buat Nikita Mirzani Bangga

Sejumlah foto menunjukkan para balita jadi korban getah berbahaya sebuah tanaman yang menyebabkan kulit mereka terluka. Dilansir The Sun, beberapa pihak menyebut luka lecet dan luka terbakar yang menyerang balita ditimbulkan dari tanaman hogweed yang tumbuh subur di cuaca panas.

Suhu cuaca di Inggris saat ini yang cenderung naik mencapai 28  derajat celsius disebut-sebut menjadikan tanaman hogweed berbunga berminggu-minggu lebih awal dari biasanya.

Narkoba Disamarkan Sebagai Susu! Pelajar Ditangkap di Bandara

Baca juga: Viral, Tak Mampu Beli Susu Bapak Serahkan Anaknya ke Petugas PSBB

Direktur spesialis Complete Weed Control, Keith Gallacher, punya pandangan sendiri terhadap apa yang timbul dari getah tanaman hogweed yang sempat menghebohkan Inggris dan Skotlandia itu

Putuskan Lepas Hijab, Zara Tegaskan Tak Akan Pakai Busana Seksi

“Kami melihat beberapa tanaman yang tingginya satu meter karena suhunya sudah matang. Setiap tanaman dapat memiliki sekitar 50.000 biji yang dapat menyebar sangat cepat jika tidak dirawat dan getah beracun berbahaya,” ungkap Keith Gallacher, seperti dirilis The Daily Star.

Gallacher juga menambahkan bahwa getah tanaman itu "sangat berbahaya" dan mengatakan itu bisa "melucuti kulit Anda dari lapisan ultraviolet".

Foto-foto dari mereka yang telah bersentuhan dengan tanaman menunjukkan lepuh besar dan kulit merah, dan getah tersebut tumbuh sangat subur di cuaca panas.

Baca juga: Tiba di Tanah Air, 365 TKI Terkonfirmasi Positif COVID-19

Ini berarti bahwa ketika cahaya mengenai area yang disentuh itu akan menyebabkan kulit Anda melepuh. Lepuh ini dapat meninggalkan bekas luka pada mereka yang terkena.

Batang hogweed raksasa memiliki jarum halus seperti rambut yang akan menyebabkan iritasi ekstrem.

Racun dalam getah mengikat dengan DNA dalam sel-sel kulit, menyebabkan mereka mati dan membentuk luka bakar dan lecet yang besar.

Perusahaan itu menambahkan bahwa masalahnya telah lebih jelas di Skotlandia karena tingkat keparahan perubahan suhu. Bahaya tanaman ini bahkan dapat menyebabkan kebutaan dan jaringan parut permanen.

Skotlandia biasanya melihat suhu yang lebih dingin daripada bagian lain negara itu, tetapi cuaca cerah yang luar biasa berarti lonjakan hogweed di seluruh wilayah.

Tanaman ini cenderung tumbuh di tempat anak-anak bermain. “Tanaman ini terlihat sangat cantik, tetapi mematikan. Tolong, jangan biarkan anak-anakmu mengambilnya,” jelas ibu dari anak yang terluka akibat tanaman hogweed itu.

"Aku tidak punya petunjuk bahwa tanaman dapat melakukan itu pada kulitmu, dan tanaman yang sangat bagus - siapa yang akan berpikir itu bisa sangat berbahaya?” tambah ibu tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya