Tagar Indonesia Trending Gara-gara Nenek Usia 100 Tahun Sembuh Corona

Ilustrasi virus corona/COVID-19/laboratorium.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA – Wanita Indonesia berusia 100 tahun menjadi trending di Twitter karena berhasil mengalahkan virus corona. Dialah, Ms Kamtim wanita yang ramai diberitakan media asing berhasil sembuh dari virus corona. 

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Dikutip laman Straits Times, diceritakan Kamtim duduk di ruang tamunya di Surabaya, Jawa Timur pada 31 Mei 2020, setelah dipulangkan dari rumah sakit awal pekan ini.

Kamtim dinyatakan pulih dari coronavirus, membuatnya menjadi orang tertua yang selamat dari penyakit pernapasan mematikan di Indonesia.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Kamtim dikabarkan sempat dirawat di rumah sakit selama satu bulan di kota asalnya, Surabaya, kota terbesar kedua di Indonesia. 

Baca Juga: Brutal Protes Kasus George Floyd, Gimana Kondisi 140 Ribu WNI di AS?

PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dalam artikel tersebut mengatakan dia berharap kisah Kamtim akan memberikan dorongan bagi penduduk yang berisiko terserang virus untuk berhati-hati. Apalagi, penyakit ini sangat berbahaya bagi orang tua dan mereka yang memiliki kondisi kronis.

"Saya berharap kesembuhannya dapat memotivasi orang lanjut usia selama pandemi," tambah Khofifah Indar Parawansa.

Dilahirkan pada tahun 1920, Kamtim dibawa ke rumah sakit bulan lalu setelah menunjukkan gejala COVID-19 dan dia kemudian dikonfirmasi telah tertular virus corona.

Siti Aminah, menantu perempuan Kamtim itu, menyatakan pemulihannya terjadi karena Kamtim disiplin dan berjuang keras untuk sembuh. 

"Setiap hari saya memeriksa kondisinya dengan perawat dan mereka selalu mengatakan kepada saya bahwa dia sangat kuat dan rajin minum obat," kata Aminah.

"Dia sangat termotivasi untuk menjadi lebih baik."

Meski kabar ini beredar luas hingga media asing tertarik untuk mewawancarainya, belum jelas bagaimana kronologi Kamtim terpapar virus corona di rumahnya.

"Dia mungkin mendapatkannya ketika orang-orang dari lingkungan itu datang berkunjung karena dia tidak pernah keluar," kata Aminah.

Lewat artikelnya berjudul "100-year-old Indonesian woman beats coronavirus", Indonesia ditulisnya telah mengkonfirmasi lebih dari 26.000 kasus coronavirus dan 1.613 kematian.

Tetapi kepulauan Asia Tenggara yang luasnya lebih dari 260 juta memiliki tingkat pengujian terendah di dunia. Para peneliti ditulis nya di artikel tersebut, memperkirakan jumlah sebenarnya dari infeksi virus dan kematian adalah beberapa kali lebih besar dari jumlah resmi yang dilaporkan.

Data di Indonesia sendiri per 31 Mei 2020, kasus positif Corona COVID-19 di Indonesia tercatat mengalami kenaikan sebanyak 700  kasus. Sehingga total kasus positif mencapai 26.473 kasus.

Untuk pasien sembuh di Indonesia mengalami penambahan sebanyak 293 pasien. Sehingga total pasien sembuh dari virus ini sebanyak 7.308 pasien.

Sedangkan untuk kasus kematian akibat Corona juga dilaporkan mengalami penambahan sebanyak 40 kasus. Sehingga total kasus kematian dilaporkan sebanyak  1.613 kasus.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya