'Spiderman' Mengincar Burj Khalifa Dubai

VIVAnews - Baru dua pekan diluncurkan, Gedung tertinggi di dunia, Burj Khalifa, yang sebelumnya dikenal dengan Burj Dubai, sudah diincar.

Pemanjat gedung asal Perancis, Alain Robert yang dikenal dengan julukan 'spiderman' berniat untuk memanjat gedung setinggi 828 meter atau 2.717 kaki itu tahun depan.

"Saya harus melakukannya," kata Robert, seperti dimuat laman Telegraph, 17 Januari 2010. "Saya tahu seperti apa masyarakat Dubai, mereka akan tertarik melihat saya menaklukan gedung itu," tambah dia, yakin.

Meski demikian, sang 'spiderman' itu mengakui bahwa memanjat Burj Khalifa mungkin jadi tantangan terberat. Apalagi ditambah cuaca timur tengah yang terik.

"Salah satu masalah adalah cuaca panas yang lebih dari 40 derajat celcius," kata dia.

Selain itu, tidak ada lagi hambatan.  Robert mengaku siap memanjat gedung lebih dari 160 tingkat berbahan kaca dan baja itu.

Apa tak merasa takut? "Kekhawatiran terbesar saya adalah membuang percuma waktu dalam hidup saya. Untukku, memanjat sama pentingnya dengan makan dan bernafas," kata dia.

Robert (47) telah memanjat Empire State Building, Sears Tower, dan Taipe 101.

September lalu, Robert dijatuhi hukuman denda oleh pengadilan Malaysia karena memanjat hingga tingkat ke 88 Menara Kembar Petronas, tanpa alat bantu, dalam waktu dua jam.

Pembangunan Burj Dubai dimulai pada 2004 dan dilakukan hampir setiap hari. Pembangunan setiap lantai hanya memakan waktu tiga hari dengan mengerahkan ribuan tenaga kerja, yang sebagian besar dari India. Pada Januari 2007 saja, mereka berhasil membangun 100 tingkat.

7 Negara yang Miliki Toilet Netral Gender di Dunia, Mayoritas di Asia!

Aksi Alain Robert

Taylor Swift

Taylor Swift Tolak Tawaran Manggung Rp 146 Miliar! Pilih Fokus ke Album Baru daripada Uang?

Taylor Swift dikabarkan telah menolak tawaran besar untuk tampil di acara pribadi di Uni Emirat Arab, ia ditawari sejumlah uang sebesar $9 juta (Rp 146 Miliar).

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024