Alasan Polisi Amerika Serikat Ikut Berlutut di Hadapan Demonstran

Polisi di New York berlutut di hadapan demonstran.
Sumber :
  • Washington Times

VIVA – Sejumlah aparat kepolisian Amerika Serikat terlihat ikut bergabung dengan para pendemo aksi protes terhadap kematian seorang pria kulit hitam bernama George Floyd, yang tewas akibat lehernya diinjak polisi di Minneapolis

10 Negara Bagian Amerika Serikat dengan Standar Hidup Terburuk, Berjuang Melawan Kemiskinan

Kematian Floyd dianggap sebagai puncak amarah publik AS terkait kebrutalan dan sikap rasial yang sistematis, terutama oleh polisi terhadap warga kulit hitam dan minoritas. 

Namun, alih-alih membubarkan para demonstran, Kepala Kepolisian Camden County, Joseph Wysocki, malah ikut bergabung dengan para demonstran dengan ikut berlutut sebagai bentuk solidaritas. 

Toyota Tarik Ratusan Ribu Unit Mobil Prius Hybrid di AS

"Saya tidak bisa memikirkan hal lain sejujurnya. Ini adalah komunitas kita, dan bukan hanya kami (polisi) yang menertibkan kota, tapi kita semua bersama-sama," kata Wysocki kepada ABC News.

Sumber: ABC News

Palestina Kecam Veto AS yang Menghalangi Upaya Keanggotaan Penuh PBB

Aksi solidaritas polisi itu pun dinilai sebagai bagian dari upaya aparat menjalin hubungan dan kepercayaan yang lebih baik lagi dengan penduduk kota. Keikutsertaan Wysocki dan para personelnya dalam demo disambut baik oleh para demonstran.

Baca Juga: VIDEO: Viral Polisi Berlutut dan Peluk Pendemo Anti Rasis di AS

"Saya tahu bahwa semua polisi tidak buruk, jadi begitu saya mendengar bahwa mereka ingin terlibat, saya merespons 'tentu boleh, mari kita lakukan, kita dapat berdiri bersama dalam aksi solidaritas ini'," kata seorang warga, seperti dikutip dari CNN, Rabu 3 Juni 2020.

Sementara itu, sejumlah polisi di berbagai kota AS, seperti Miami hingga New York, menunjukkan solidaritas untuk para demonstran. Para polisi ini berlutut bersama demonstran yang sedang menggelar aksinya secara damai.

Melansir NBC News, sejumlah polisi di wilayah Miami-Dade County menunjukkan solidaritas mereka dengan berlutut bersama para demonstran yang menggelar aksi protes di area Coral Gables pada Sabtu 30 Mei 2020.

Juru bicara Miami-Dade Corrections & Rehabilitation, Juan Diasgranados, menunjukkan sejumlah foto yang melibatkan beberapa kepala kepolisian dari berbagai wilayah Miami-Dade County berlutut dan berdoa bersama para demonstran.

Sumber: WPTV

Foto yang dibagikan Diasgranados ini bertolak belakang dengan foto-foto aksi protes di berbagai kota lainnya, yang diwarnai pembakaran mobil, penjarahan dan bentrokan.

"Sebagai para pemimpin profesi ini, kami (para kepala kepolisian dan komunitas kepolisian) harus melakukan yang lebih baik dalam meningkatkan pelatihan dan protokol kita, agar upaya-upaya kita untuk membangun dan menjaga kepercayaan masyarakat tidak hilang," kata Juan Diasgranados.

Di New York, sebuah video viral menunjukkan beberapa polisi berlutut bersama demonstran dalam aksi protes yang digelar pada Minggu 31 Mei 2020. 

Menurut laporan CNN, video itu direkam dalam sebuah aksi protes yang digelar secara damai di kawasan Queens, dekat sebuah kantor polisi setempat. Dalam video itu, terlihat para demonstran bersama-sama berlutut untuk menunjukkan penghormatan bagi Floyd yang meninggal pekan lalu.

Beberapa saat kemudian, seorang pendeta yang ikut dalam aksi itu mengajak para polisi yang ada di lokasi untuk ikut bergabung dan berlutut bersama para demonstran. Ajakan ini disambut baik dengan para polisi di lokasi berlutut di depan para demonstran, yang disambut sorakan meriah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya