Bangkit Pasca Corona, Jerman Dipuji Dunia

Reichstag Building di Berlin, Jerman
Sumber :
  • instagram.com/leni_hen

VIVA – Skema stimulus ekonomi dari dampak pandemi COVID-19 pemerintah negara Jerman mendapat apresiasi positif. Program dan kebijakan negeri tersebut dinilai sangat baik dan efektif.

Tunjang Pemulihan Pariwisata, Pemerintah Siapkan Rp4,55 Triliun

Hal tersebut bahkan membuat takjub negara lain, mengingat keberanian pemerintah Jerman melakukan terobosan meringankan sejumlah beban ekonomi rakyatnya.

Berikut sederet kebijakan stimulus pemerintah Jerman guna menyelamatkan ekonomi rakyatnya, seperti yang dilansir NasDaily:

Menakar Pengaruh Aplikasi PeduliLindungi di Era Pemulihan Pandemi

1. Jika Anda adalah penduduk yang terdampak pandemi wabah corona, maka penduduk tersebut tidak perlu membayar sewa tempat tinggal. Pengusiran dari tempat tinggal karena ketidakmampuan membayar sewa akibat pandemi corona merupakan tindakan ilegal.

Dengan cara ini, maka dipastikan rakyat Jerman masih bisa menghuni tempat tinggal dan tak perlu jadi gelandangan di jalan karena tak bisa membayar sewa. Mereka bisa kembali membayar sewa tahun 2022 mendatang setelah situasi ekonomi mereka membaik.

BNPB: Penanganan Bencana Semeru Masuk Transisi Darurat ke Pemulihan

Baca juga: Viral Cerita Ojol Kena Suspend Gara-gara Uang Kembalian Rp200

2. Tidak perlu membayar pajak. Pandemi corona ini juga membuat pemerintah Jerman mengeluarkan kebijkan penundaan pembayaran pajak.

Para wajib pajak baru diperkenankan kembali membayar pajak pada tahun depan.

3. Dan jika ada wrga yang kesulitan, maka pemerintah Jerman akan menggelontorkan anggaran senilai €50 miliar untuk menstimulus dan membantu para seniman, wirausaha, pekerja lepas untuk bertahan selama pandemi corona.

4. Jika warga memiliki usaha kecil, mereka juga akan mendapat bantuan dimana pemerintah akan membayar hingga 70 persen gaji para karyawan dari pengusaha, sehingga karyawan tidak perlu dipecat. Tak hanya itu, pengusaha kecil pun bakal juga mendapat subsidi €30ribu untuk bertahan selama pandemi.

Baca juga: Kisah Inspiratif: Driver Ojol Hampir Pingsan Demi Selesaikan Orderan

5. Dan yang lebih fantastis lagi, jika warga memiliki usaha besar maka akan ada subsidi yang bakal mendapatkan pinjaman senilai €600 miliar untuk mempertahankan usaha dan tak memecat karyawan.

Total, pemerintah Jerman telah menghabiskan setidaknya 60 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB) untuk membantu memulihkan ekonomi mereka. Angka tersebut cukup mungkin menjadi salah satu yang tertinggi di dunia, dimana negara lain rata-rata hanya menganggaran 10 persen PDBnya.

Ternyata, semua kebijakan pemerintah Jerman tersebut mampu direalisasikan hanya dalam jangka waktu 1 pekan, bukan bulan apalagi tahun.

Kebijakan pemerintah Jerman itu pun menjadikan mereka sebagai negara dengan rencana pemulihan tercepat dan paling murah hati di dunia. Itulah mengapa semua orang perlu belajar dari Jerman.

Seiring dengan penerapan skema pemulihan tersebut, kasus corona di Jerman pun terus menurun dan kehidupan warganya perlahan-lahan kembali menjadi normal dengan rasio jumlah kematian yang sangat rendah.

Ada pun perbedaan cara penenganan pemulihan pandemi corona oleh pemerintah Jerman dengan negara lain adalah perkara kesigapan dan kecepatan mengambil keputusan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya