Logo BBC

Breonna Taylor Disebut-sebut di Demo George Floyd, Siapa Wanita Itu

BBC Indonesia
BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Breonna Taylor
Facebook
Breonna Taylor, 26 tahun adalah seorang tenaga medis

George Floyd, pria kulit hitam yang meninggal ketika ditangkap polisi di Amerika Serikat, telah menjadi figur utama dalam demonstrasi menuntut kesetaraan dan keadilan, yang menjadi aksi protes menentang rasisme terbesar sejak 1960an.

Pengunjuk rasa menyuarakan yel-yel namanya selama 13 hari terakhir dan mural wajahnya menghiasi tembok-tembok, mulai dari Suriah hingga Belfast.

Namun nama lain yang juga disebut-sebut oleh para pengunjuk rasa adalah nama Breonna Taylor, seorang tenaga medis perempuan yang ditembak hingga delapan kali oleh polisi yang masuk ke apartemennya di Louisville, Kentucky pada 13 Maret lalu.

Para aktivis mendesak orang-orang melakukan gerakan "Say Her Name" atau "Sebut Namanya", sebagai cara untuk mengenang para perempuan berkulit hitam yang tidak diperhatikan banyak orang, tak seperti kasus-kasus meninggalnya orang kulit hitam di tangan polisi yang lain.

Pada Jumat (05/06), atau hari ulang tahun Taylor ke-27, para pengunjuk rasa melakukan upacara peringatan kematiannya di Louisville dan orang-orang membagikan ucapan ulang tahun di media sosial, bertuliskan "Anda seharusnya ada di sini untuk merayakannya".

https://www.instagram.com/p/CBDzWpNpa1c/