Bantah Ada Corona di Negaranya, Diam-diam Korut Bangun RS Besar

Gedung Pemerintah Korea Utara di Ibu Kota Pyongyang.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Pemerintah Korea Utara dengan cepat membangun sebuah rumah sakit, di tengah pandemi virus corona COVID-19 di negara itu. Berdasarkan laporan media resmi pemerintah Korut, para pekerja kini sudah meletakkan hampir 90 persen beton untuk pembangunan Pyongyang General Hospital.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Pembangunan rumah sakit tersebut dimulai secara mendadak di tengah puncak pandemi Maret 2020 lalu, meskipun sebelumnya rezim Kim Jong-un masih membantah negaranya telah terinfeksi virus corona.

Tetapi sekarang klaim itu telah dibantah, setelah gelombang kematian akibat virus corona dilaporkan melanda dua rumah sakit di Pyongsong, yang jaraknya sekitar 18 mil sebelah utara ibukota.

Deretan Negara Paling Tak Percaya Tuhan di Dunia, Mayoritas di Benua Asia!

Rumah sakit di daerah Pyongsong baru-baru ini menghadapi puluhan kematian di antara pasien dengan gejala COVID-19. Semua rumah sakit yang terkena dampak berspesialisasi dalam mengobati tuberkolosis dan hepatisis, dan kini mulai menyalahkan virus corona atas meningkatnya angka kematian.

Selain itu, para pekerja rumah sakit juga diduga telah diancam untuk menutup mulut dan tidak menyebarkan rumor tentang pandemi ini. Namun lantaran banyak pasien yang memeriksakan diri mereka sendiri, banyak pemimpin rumah sakit ketakutan bahwa penyakit itu dapat menyebar lebih luas di Korea Utara.

Kim Jong Un Dikabarkan Punya Selingkuhan Seorang Penyanyi, Hingga Punya Anak Bersama

"Sekelompok pasien bahkan ada yang meninggalkan rumah sakit karena takut mereka bisa mati jika mereka tinggal di sana lebih kama. Otoritas lokal dan manajemen rumah sakit pun sangat terkejut," kata seorang sumber, dilansir The Sun.

Propaganda pemerintah memberi alasan lain untuk pembangunan rumah sakit yang cepat di Pyongyang. "Semua pekerja mempercepat pembangunan dengan membakar kebencian dan kemarahan terhadap musuh," tulis surat kabar Rodong Sinmun.

Laporan lain dari minggu lalu, mengatakan pekerja berada dalam "mode pertempuran", secara bersamaan membangun bangsal rawat inap dan rawat jalan, serta menyelesaikan konstruksi kerangka. Gambar dari situs konstruksi menunjukkan bahwa salah satu dari dua menara yang membentuk sebagian besar bangunan sudah berdiri, sementara yang lain baru dibangun sekitar 50 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya