Demi Ujian Online, Siswi Ini Tidur di Atas Pohon Cari Sinyal Internet

Veveonah Mosibin harus rela ke hutan mencari sinyal internet untuk ujian online
Sumber :
  • world of buzz

VIVA – Sepanjang masa pandemi Corona COVID-19 mengharuskan para peserta didik sekolah untuk sementara ini belajar dari rumah. Dan teknologi jaringan internet pun jadi andalan untuk bisa tetap memaksimalkan sejumlah pelajaran meski tak hadir langsung di sekolah.

Penerapan Zonasi PPDB Sekolah Dinilai Belum Efektif

Namun sayangnya, tak semua siswa bisa mendapatkan akses dan lokasi yang memadai untuk bisa tetap terhubung dengan internet, bahkan di momen-momen penting seperti mengerjakan ujian secara online.

Bila ada sejumlah murid merasa cukup diuntungkan dengan metode belajar secara online karena tak perlu repot bergegas menuju sekolah, tapi hal itu tidak berlaku bagi Veveonah Mosibin.

Refleksi Program Sekolah Menengah Kejuruan Sebagai Pusat Unggulan

Veveonah merupakan siswi dari sebuah yayasan pendidikan di Sabah, Malaysia yang harus berjuang menghabiskan 24 jam waktunya di atas pohon pada sebuah area perbukitan.

Baca juga: Sindiran Komika Bintang Emon Ramaikan Trending Ga Sengaja

Status Pandemi COVID-19 Dicabut, Satgas: Rata-rata Kasus Harian Turun 97 Persen

Perjuangan tersebut meski dilakoni Veveonah demi mendapatkan koneksi internet guna bisa menyelesaikan ujian sekolahnya yang digelar secara online.

Pengalaman uniknya itu pun akhirnya diabadikan Veveonah dalam chanel YouTube pribadinya pada Sabtu 13 Juni 2020.

Dalam video itu, Veveonah menjelaskan bahwa dia awalnya tidak merencanakan untuk melakukan ujian di pohon ketika dia berhasil membangun gubuk di atas bukit dengan koneksi internet yang baik.

Sayangnya, saat ia harus kecewa saat menemukan gubuk yang sebelumnya ia buat telah runtuh sebagian karena diterpa angin dan hujan lebat. Hal itu pun memaksanya untuk mencari solusi cepat terbaik.

Dia kemudian dengan cepat memutuskan untuk naik ke puncak pohon sebagai pilihan terbaiknya untuk mendapatkan sinyal dengan baik.

Baca juga: Selain di Indonesia, Malaysia Juga Dilanda Kisruh Tagihan Listrik

Bermodalkan ponsel, powerbank, sebotol air, makanan, kelambu, dan alat-alat lain untuk membantunya dalam ujian. Ia dengan cepat menyiapkan tempat di pucuk pohon untuk dirinya mengerjakan ujian dalam 24 jam.

Dalam 24 jam ia harus tinggal di pohon, bukanlah perkara mudah. Karena, ia tak bisa tidur nyenyak di malam hari karena kedinginan dan suara-suara aneh di malam hari.

Veveonah juga harus “berinteraksi” dengan seekor lebah berjuluk “pembunuh Asia” yang entah bagaimana bisa hinggap di kelambunya.

Tapi terlepas dari kondisi yang penuh tantangan dan kurangnya sumber daya, Veveonah tak pernah sekalipun mengeluh tentang situasi yang dihadapinya. Bahkan, ia justru menunjukkan pengetahuan dan sumber daya yang besar tentang lingkungannya.

Veveonah biasanya bekerja mengetuk karet di pagi hari dan bekerja di kebun keluarganya sehingga mereka memiliki cukup makanan.

Keluarganya juga biasanya tidur pada jam 7 malam untuk menghemat lilin karena desanya tidak memiliki akses listrik, ia berbagi dalam video sambil membawa nasi putih untuk makan malam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya