China Sebut Tak Pernah Menahan Tentara India, Apa Benar

Tentara China.
Sumber :
  • krjogja.com

VIVA – China secara tegas menyampaikan bahwa pihaknya tidak pernah menahan tentara India. Hal itu disampaikan setelah sebelumnya dikabarkan ada 10 pasukan India yang dibebaskan setelah ditangkap dalam bentrokan perbatasan di Himalaya yang juga menewaskan sedikitnya 20 tentara India.

Pemilihan Presiden Rusia di Tengah Situasi Perang, Putin Bilang Begini

Juru bicara kementerian luar negeri China Zhao Lijian mengatakan, China tidak sama sekali menangkap tentara India. "Benar dan salah sangat jelas dan tanggung jawab sepenuhnya berada di pihak India," ujar Zhao dikutip dari Al Jazeera, Jumat, 19 Juni 2020.

Ia menambahkan, China dan India saat ini masih dalam tahap berkomunikasi mengenai gesekan di antara militernya. "Kami berharap India dapat bekerja sama dengan China untuk mempertahankan pengembangan jangka panjang hubungan bilateral," katanya. 

Serangan Udara Israel di Lebanon Tewaskan 1 Orang, Indikasi Konflik Besar-besaran

Diketahui sebelumnya, media-media India melaporkan bahwa China melepaskan 10 orang tentara pasukan India termasuk setidaknya dua perwira senior pada Kamis malam.

Pembebasan mereka mengikuti setelah adanya pembicaraan kedua pasukan dalam upaya untuk meredakan ketegangan. 

Hizbullah dan Israel Saling Serang di Perbatasan, Korban Jiwa Berjatuhan

Pejabat India menyampaikan tentara yang dibebaskan secara medis diperiksa dan kemudian memberikan pembekalan awal.

"Mereka dikembalikan tanpa cedera," katanya. 

Sementara China belum secara resmi mengungkapkan berapa korban dalam bentrokan antara kedua negara itu. Tentara India dan Cina belum pernah melakukan baku tembak di perbatasan sejak 1967, meski kadang terjadi gejolak. 

Baca juga: 9 Bangkai Pocong Ayam Gegerkan Kudus, Ada Tusuk Jarum dan Foto Gadis

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya