COVID-19 Sudah Menyebar Hingga Lokasi Ledakan Nuklir Chernobyl

Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Chernobyl.
Sumber :
  • sputniknews.com

VIVA – Penyebaran virus Corona COVID-19 kini telah menular di antara para pekerja Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Chernobyl. Informasi ini disampaikan oleh Badan Negara Ukraina tentang Pengelolaan Zona Pengecualian, dalam sebuah pernyataan di Facebook.

Menurut pernyataan itu, badan tersebut menerima informasi tentang pekerja di Chernobyl yang didiagnosis terinfeksi COVID-19 yang dikonfirmasi pada 23 Juni. Badan itu mencatat bahwa pekerja itu terakhir berada di PLTN pada 9 Juni.

"Pekerja itu kini sedang melakukan isolasi mandiri, di bawah pengawasan seorang dokter," tulis pernyataan itu, dilansir Sputniknews. Hingga kini lebih dari 39.850 kasus virus corona telah dikonfirmasi di Ukraina dan jumlah pasien meninggal di negara itu mencapai lebih dari 1.061.

Kapten Vincent Kena Flu Singapura Sampai Bernanah: Lebih Sengsara dari COVID!

Ternyata Rusia Gunakan Rudal Termonuklir Buat Bombardir Ibukota Ukraina


KPK Cecar Fadel Muhammad soal Dugaan Kasus Korupsi APD di Kemenkes RI
Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Chernobyl kini beroperasi dalam mode pemantauan radiasi dan mengatur langkah-langkah keselamatan bagi para pekerjanya. Reaktor yang rusak ditutupi oleh sarkofagus beton raksasa, untuk menghentikan lebih banyak bahan radioaktif yang lepas.

Ledakan di pembangkit listrik tenaga nuklir Chernobyl pada dini hari tanggal 26 April 1986, dan akibat yang dihasilkannya, sampai saat ini masih menimbulkan bahaya bagi manusia. Sekitar 190 ton bahan yang sangat radioaktif dikeluarkan ke atmosfer pada hari itu, membuat orang terkena radioaktif 400 kali lebih besar dari bom atom Hiroshima.

Akibatnya, bencana tersebut menyebabkan peningkatan jumlah tingkat kanker di kalangan anak-anak dan orang dewasa, serta cacat lahir. Ribuan orang diperkirakan telah meninggal akibat paparan radiasi.

Baca juga: CFD Bundaran HI Ditutup, Pemprov DKI Siapkan 32 Lokasi Pengganti

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin

Menkes: Implementasi Nyamuk Ber-Wolbachia untuk Tanggulangi Dengue Mulai Bergulir

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengatakan metode penanggulangan dengue menggunakan nyamuk ber-Wolbachia mulai bergulir di lima kota besar di Pulau Jawa.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024