Baru Lahir, Tiga Bayi Kembar Ini Langsung Positif COVID-19

Ilustrasi bayi.
Sumber :
  • ISTOCK/BBC.com

VIVA – Kabar mengejutkan datang dari bayi kembar tiga yang dilahirkan di Meksiko beberapa hari lalu. Ketiga bayi yang baru lahir di Meksiko diketahui terinfeksi virus corona baru meskipun tidak satu pun dari orang tua bayi kembar tiga itu positif terkena virus.

Kapten Vincent Kena Flu Singapura Sampai Bernanah: Lebih Sengsara dari COVID!

Otoritas Kesehatan Meksiko berusaha mencari tahu bagaimana kasus tersebut bisa terjadi. Otoritas kesehatan setempat menyebut kasus itu "tidak pernah terjadi."

Dilansir dari laman CBS.ca, awalnya ketiga bayi kembar, yang terdiri dari seorang bayi perempuan dan tiga bayi laki-laki, menjalani tes COVID-19 setelah empat jam dilahirkan, dan dinyatakan positif. Ketiga bayi itu diketahui lahir enam minggu lebih awal pada pekan lalu di negara bagian San Luis Potosi, kata otoritas kesehatan. 

Anaknya dengan Jessica Mila Disebut Mirip Otto Hasibuan, Begini Tanggapan Yakup Hasibuan

Tes yang dilakukan oleh ketiga bayi kembar tersebut, merupakan protokol untuk menguji semua bayi prematur terhadap virus, kata Sekretaris Kesehatan Negara Dr. Monica Liliana Rangel Martinez kepada wartawan.

Awalnya, otoritas kesehatan mengatakan ibu ketiga bayi kembar tersebut diyakini sebagai pembawa virus tanpa gejala.  Tetapi hasil tes yang dijalaninya menunjukkan bahwa dia maupun sang suami tidak terinfeksi.

KPK Cecar Fadel Muhammad soal Dugaan Kasus Korupsi APD di Kemenkes RI

"Hasil orang tua negatif, yang menarik perhatian kami. Kami secara khusus meminta sejak kemarin... bahwa sekelompok ahli menyelidiki kasus ini," kata Sekretaris Kesehatan Negara, Monica Rangel, dalam konferensi pers pada hari Selasa.

Dua bayi yang lahir pada 17 Juni dalam kondisi sehat dan tidak menunjukkan gejala COVID-19, kata dokter yang merawat si kembar tiga. Sedangkan bayi ketiga diketahui menderita pneumonia tetapi dalam kondisi stabil.

Rangel mengatakan bayi kembar tiga itu akan tetap dirawat di rumah sakit dan di bawah pengawasan. Meksiko telah melaporkan lebih dari 191.000 kasus virus COVID-19 dan 23.377 kematian, menurut dashboard pelacakan global yang disimpan oleh Universitas Johns Hopkins.

Baca juga: Positif COVID-19, Kondisi Presiden Honduras Sempat Memburuk

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya