Logo BBC

Di Dunia Ternyata Amat Banyak Janda Mati Kelaparan

BBC Indonesia
BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Kematian pasangan sangat menghancurkan tetapi beberapa ritual di seluruh dunia dapat membuat keadaan para janda menjadi lebih buruk, terutama ketika menyangkut masalah makanan.

Dalam beberapa budaya, para janda dikecualikan dari waktu makan, dilarang makan makanan bergizi, dan bahkan dipaksa untuk mengambil bagian dalam ritual makan yang merusak dan berbahaya.

Di Ghana, seringkali janda termiskin yang paling menderita. Sementara negara itu telah berusaha untuk menghapuskan upacara berkabung yang merendahkan dan membahayakan para janda dengan undang-undang, beberapa janda masih dengan sengaja dijauhkan dari makanan bergizi - atau lebih buruk.

Ada ritual di mana para janda dipaksa minum sup yang berisi bagian-bagian tubuh suami mereka yang sudah meninggal.

"Rambut dan kuku almarhum digunakan. Jenazah dimandikan dan airnya digunakan sebagai ramuan untuk diminum perempuan itu," kata Fati Abdulai, Direktur Gerakan Janda dan Anak Yatim, sebuah yayasan amal yang berpusat di utara Ghana.

Beberapa janda dapat membeli jalan untuk menghindari ritual yang merendahkan ini - tetapi sebagian besar hidup dalam kemiskinan dan tidak bisa menikmati kemewahan itu.

Dan karena harta biasanya kembali ke keluarga pria setelah dia meninggal, banyak wanita kehilangan akses mereka ke tanah pertanian, kecuali mereka menikahi salah satu kerabat suami mereka.

Diperkirakan secara global setidaknya ada 285 juta janda, dan hampir satu dari sepuluh orang janda hidup dalam kemiskinan ekstrem. Di banyak negara, janda dipandang sebagai sumber rasa malu. PBB menyebut pelecehan yang dihadapi para janda sebagai salah satu pelanggaran paling serius terhadap hak asasi manusia yang ada.

"Ikan, daging, dan telur terlarang"