2050 Koala Terancam Punah

Seekor koala sedang tidur nyenyak
Sumber :
  • VIVA / Renne

VIVA – Koala diprediksi terancam akan punah di negara bagian New South Wales, Australia, pada tahun 2050. Kepunahan ini pun harus segera dicegah.

Raksasa Dunia! Ini 10 Negara Terluas yang Menakjubkan

Koala diperkirakan secara perlahan bakal punah karena hilangnya habitat, penyakit, dan peristiwa iklim yang melanda negara bagian tersebut dalam beberapa tahun terakhir.

Menurut laporan kepada parlemen negara bagian New South Wales, sekitar 5.000 koala diprediksi akan mati dalam kehancuran akibat kebakaran hutan.

Ular Berbahaya Ditemukan dalam Tas Anak, Pawang: Ini Sangat Bahaya

Laporan tersebut pun mendesak agar anggota parlemen memastikan bahwa populasi yang tersisa habitatnya tidak cepat berkurang.

Penyelidikan yang dilakukan komite lintas partai ini menemukan data perkiraan bahwa Koala yang berjumlah 36.000 di New South Wales sekrang sudah tidak sesuai.

5 Negara Sekutu Israel Ini Terungkap Miliki Anggaran Militer dengan Jumlah Fantastis

Pada tahun 2019, kebakaran hutan telah menghanguskan lebih dari 5 juta hektar di wilayah negara bagian itu. Kebakaran hutan tersebut disinyalir mempengaruhi kehidupan 24 persen habitat Koala.

Lebih lanjut, penyelidikan yang selama setahun ini juga menemukan bahwa penebangan dan pemecahan daerah Koala lain telah merusak keberlangsungan hidup mereka.

Komite pun mengungkap bahwa perubahan iklim menjadi ancaman yang berkelanjutan bagi Koala. Perubahan iklim telah memperburuk kebakaran hutan dan kekeringan, yang mengurangi kualitas makanan Koala, yaitu daun kayu putih.

"Pada setiap kesempatan, kami diberikan bukti yang menunjukkan bahwa undang-undang kami saat ini tidak memadai dan memfasilitasi pembukaan habitat ini Koala. Strategi dan kebijakan yang ada saat ini untuk melindungi Koala tidak berfungsi," ujar Ketua Komite, Cate Faehrmann, seperti dikutip BBC, Selasa 30 Juni 2020.

Komite ini telah membuat 42 rekomendasi, termasuk membangun taman nasional baru di daerah yang teridenfikasi Koala akan punah dan mengurangi pembukaan lahan.

Pemerintah negara bagian New South Wales telah menyambut laporan itu. Namun, mereka tidak segera mengambil langkah untuk mengonfirmasi rekomendasi mana yang akan diterapkan.

"Koala adalah hewan ikonik Australia yang diakui dunia sebagai harta nasional yang kami akan lakukan semampu kami untik melindungi generasi mendatang," kata Menteri Lingkungan Hidup Australia, Matt Kean.

Habitat Koala tidak hanya di New South Wales. Mereka juga dapat ditemukan di Queensland, Victoria, dan Canberra, tetapi jumlahnya menurun secara nasional.

Tahun lalu, Australia Koala Foundation memperkirakan kurang dari 80.000 Koala yang tersisa di Australia. Meskipun, masih banyak pihak lain yang mengatakan bahwa sulit untuk mengetahui jumlah pastinya.

Baca Juga: Beruang Cokelat Divonis Hukuman Mati akibat Serang Manusia

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya