Kasus COVID-19 Melonjak, Gubernur Salahkan Anak Muda Suka Berpesta

Ilustrasi anak muda/persahabatan/pertemanan/millennial.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA – Gubernur Florida, Ron DeSantis menyalahkan anak-anak muda atas lonjakan kasus virus corona atau COVID-19. Ia mengatakan tidak bisa menghentikan mereka yang sering berpesta dan membuat virus semakin menyebar. 

Presiden Raeisi Ancam Lenyapkan Israel Jika Berani Gempur Iran

"Jika Anda melihat kelompok usia 25 hingga 34 tahun, itu sejauh ini merupakan kelompok usia terkemuka untuk tes positif," kata DeSantis pada konferensi pers dikutip dari New York Post, Selasa, 30 Juni 2020.

DeSantis kembali menegaskan jika tidak ada yang bisa mengendalikan para anak muda yang ingin terus berpesta. "Anda tidak bisa mengontrol mereka, karena mereka adalah anak muda. Mereka akan melakukan apa yang akan mereka lakukan," katanya. 

5 Negara Pemegang Hak Veto di PBB, Keputusan Internasional Ada di Tangan Mereka

Data yang ditunjukkan dari penggunaan telepon seluler seakan mendukung apa yang disampaikan oleh DeSantis. Anak muda telah mulai meninggalkan rumah mereka lebih sering bahkan sebelum pembukaan kembali dimulai sejak 4 Mei. 

DeSantis menyalahkan anak muda, karena di saat mereka berpesta protokol kesehatan tidak dipikirkan. “Sudah pasti, karena mereka memadati begitu banyak orang dan menciptakan jenis lingkungan yang kami coba hindari," katanya. 

Rusia Makin Gencar Menyerang, AS Janji Secepatnya Akan Kirim Senjata ke Ukraina

Baca juga: VIDEO: Jokowi Ingatkan Kepala Daerah Tak Paksakan New Normal

Bahkan di saat kasus baru yang muncul telah mencetak rekor baru dengan 8.500 kasus dan 29 kematian. Anak-anak muda seakan melihat pandemi tidak seserius kelihatannya karena penyakit ini tidak menimbulkan banyak ancaman bagi kelompok umur mereka. 

Seorang dokter perawatan intensif, Jason Foland, mengatakan banyak yang tampaknya telah terinfeksi dan memiliki gejala yang ringan. Hal itu yang membuat penyebaran semakin meluas. 

"Jika anda sakit dengan tekanan agresif, anda tidak keluar di rumah dan anda tidak menyebarkannya. Jika Anda memiliki gejala seperti flu biasa, Anda bisa menyebar ke mana-mana," katanya. 

DeSantis pun mendesak anak muda untuk memikirkan anggota keluarga dan masyarakat yang berada pada golongan yang lebih rentan terinfeksi. 

"Aku tahu ini sudah berlangsung lama, kita berada di bulan ketiga ini, dan itu bisa melelahkan. Kita hanya meminta agar kamu mempertahankan ketekunan itu," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya