Logo ABC

Pasangan Indonesia-Australia Menikah via Zoom, Ijab Kabul Menegangkan

Max Walden dan Shaffira Gayatri baru-baru ini menggelar akad nikah lewat Zoom karena tidak mungkin melakukannya di Surabaya di tengah pandemi virus corona.
Max Walden dan Shaffira Gayatri baru-baru ini menggelar akad nikah lewat Zoom karena tidak mungkin melakukannya di Surabaya di tengah pandemi virus corona.
Sumber :
  • abc

Pandemi virus corona tidak menghalangi rencana pernikahan pria Australia dan gadis Jawa Timur yang melangsungkan pernikahan mereka melalui aplikasi Zoom.

Max Walden dan Shaffira Gayatri terpisah ribuan kilometer jaraknya antara Sydney dan Surabaya.

Namun keduanya memutuskan untuk tetap melangsungkan pernikahan mereka sesuai dengan tanggal yang sudah direncanakan meski konsepnya harus berubah.

Max yang berprofesi sebagai jurnalis ABC News dan Fira, panggilan akrab Shaffira, sudah merencanakan pernikahan mereka sejak akhir tahun 2019 dan memilih tanggal 20 Juni 2020.

Fira
Fira mengaku jika persiapan akad nikahnya hanya dilakukan satu hari karena keterbatasan waktu.

Koleksi: Shaffira Gayatri

Saat virus corona mulai merebak, Max dan Fira, mulai berpikir realistis tentang rencana pernikahan mereka dan sempat berniat menangguhkannya sampai awal tahun depan.

Tetapi mendekati tanggal 20 Juni, keduanya kembali mendiskusikan kembali rencana pernikahan mereka.

"Saya memang agak galau. Apalagi … 20 Juni bertepatan dengan World Refugee Day dan saya sampaikan ke Max bahwa sebenarnya ini adalah momentum yang pas untuk kami menikah," kata Fira.

Fira dan Max memang sama-sama menaruh perhatian, minat, dan memiliki pengalaman pada isu-isu pengungsi.

Akhirnya sehari sebelum 20 Juni, setelah meminta pendapat dari beberapa ulama soal mekanisme pernikahan jarak jauh, Max dan Fira memutuskan untuk tetap melangsungkan pernikahan mereka.

Max semakin yakin dengan keputusannya setelah ia ingat Presiden ke-4 Indonesia, KH Abdurrahman Wahid, atau Gus Dur, juga melangsungkan akad nikah lewat sambungan telepon.