Logo BBC

Kim Jong-un Klaim Korut atasi Virus Corona secara Gemilang

Media milik pemerintah Korut menyebut Kim memperingatkan jajarannya bahwa pelonggaran prosedut anti-Covid bakal berdampak buruk.-Getty Images
Media milik pemerintah Korut menyebut Kim memperingatkan jajarannya bahwa pelonggaran prosedut anti-Covid bakal berdampak buruk.-Getty Images
Sumber :
  • bbc

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un, memuji `keberhasilan gemilang` negaranya dalam mengatasi pandemi Covid-19.

Saat berpidato pada pertemuan komite eksekutif partainya, Kamis (02/06), Kim menyebut negaranya mampu mencegah serangan virus ganas dan mempertahankan situasi yang stabil.

Korut menutup perbatasan dan mengisolasi ribuan orang selama enam bulan ketika virus corona menyebar ke berbagai negara. Negara itu mengklaim bebas kasus Covid-19, walau sejumlah pakar menilai pernyataan itu tidak sahih.

Kim Jong-un berkata, ia telah menganalisa program gawat darurat anti-pandemi yang berlangsung selama enam bulan.

Menurut Kim, pencapaian itu didapatkan oleh kepimpinan Partai Buruh Korea Utara `yang memiliki visi jauh ke masa depan`.

Namun Kim menekankan pentingnya meneruskan `peringatan dini maksimal tanpa mengendurkan proyek anti-pandemi`. Ia berkata, virus corona masih tersebar di negara-negara sekitar Korut.

"Kim berulang kali memperingatkan bahwa, pelonggaran tergesa-gesa prosedur anti-pandemi akan mengakibatkan krisis yang tak terbayangkan dan tidak dapat ditanggulangi," tulis KCNA dalam laporan mereka.