Viral Video Elang Besar Melesat Cengkeram Hiu, Cek Faktanya

Viral video elang cengkeram ikan besar diduga hiu
Viral video elang cengkeram ikan besar diduga hiu
Sumber :
  • Twitter @trackingsharks

VIVA – Sebuah rekaman video membuat heboh di media sosial Twitter. Video itu memperlihatkan bagaimana seekor burung besar yang sedang mencengkeram ikan yang mirip ikan hiu dan lalu membawanya terbang. 

Video itu diunggah oleh salah satu akun Twitter @trackingsharks diketahui diambil di pantai Myrtle, Horry County, Carolina Selatan. 

"Ada yang tahu jenis burung apa ini dan apakah dia memegang hiu?" tulis akun Twitter @trackingsharks dikutip, Jumat, 3 Juli 2020.

Dikutip dari NY Post, para ahli telah menemukan jawabannya bahwa ikan yang akan menjadi mangsa burung besar itu bukanlah hiu melainkan seekor ladyfish. David Barrett, seorang pengamatan burung juga mengkonfirmasi jika burung besar itu merupakan burung Osprey atau Elang Tiram. 

Elang Tiram memang biasanya berukuran besar, dengan panjang sekitar 60 cm dan memiliki bulu punggung berwarna coklat, corak yang gelap di sekitar mata dan bawah tubuh yang berwarna putih.

Jika sayap Elang Tiram dikembangkan maka bisa mencapai 2 m. Keunikan burung ini adalah ketika manangkap mangsanya maka dia akan terjun dan menyelam ke air. 

Makanan utama dari burung ini adalah ikan dan ular laut. Elang Tiram biasanya mengawasi mangsa dari ketinggian 10 hingga 50 meter setelah mendapatkan target ia akan langsung menukik untuk mencengkeram mangsa dengan cakarnya yang tajam.