Logo BBC

Misteri di Balik Rendahnya Jumlah Kematian Akibat COVID-19 di Jepang

BBC Indonesia
BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Mengapa penduduk Jepang yang meninggal karena Covid-19 sangat sedikit? Ini adalah pertanyaan mengerikan yang telah menelurkan puluhan teori, mulai dari perilaku warga Jepang hingga klaim bahwa Jepang memiliki kekebalan superior.

Jepang tidak memiliki angka kematian terendah akibat Covid-19 - di kawasan itu, Korea Selatan, Taiwan, Hong Kong, dan Vietnam semuanya dapat membanggakan angka kematian yang lebih rendah.

Tetapi pada awal 2020, Jepang mencatat lebih sedikit kematian daripada rata-rata.

Ini terlepas dari kenyataan bahwa pada bulan April, Tokyo mencatat sekitar 1.000 "kematian`- mungkin karena Covid. Namun, untuk tahun ini secara keseluruhan, ada kemungkinan bahwa jumlah kematian diperkirakan turun ketimbang 2019.

Ini sangat mengejutkan karena Jepang memiliki banyak kondisi yang membuatnya rentan terhadap Covid-19, tetapi Jepang tidak pernah mengadopsi pendekatan energik untuk menangani virus yang dilakukan oleh beberapa negara tetangganya.

Apa yang terjadi di Jepang?

Pada puncak wabah di Wuhan pada bulan Februari, ketika rumah sakit kota kewalahan dan dunia memasang tembok untuk para pelancong China, Jepang tetap membuka perbatasan mereka.

Ketika virus menyebar, dengan cepat menjadi jelas bahwa Covid-19 adalah penyakit yang terutama membunuh orang tua, yang diperparah oleh faktor kerumunan dan kontak dekat yang berkepanjangan.

Per kapita, Jepang memiliki lebih banyak lansia daripada negara lain. Penduduk Jepang juga memadati kota-kota besar.

Tokyo dan sekitarnya memiliki 37 juta penduduk yang sangat mencengangkan dan bagi sebagian besar dari mereka, satu-satunya cara untuk berkeliling adalah dengan kereta yang terkenal di kota ini.

Lalu ada penolakan Jepang untuk mengindahkan saran dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk "menguji, menguji, menguji".

Bahkan hingga sekarang, total tes PCR hanya 348.000, atau 0,27% dari populasi Jepang.

Jepang juga tidak menerapkan karantina wilayah atau lockdown dengan level seperti yang terjadi di Eropa.