Indonesia, AS Gelar Dialog Antar Agama

VIVAnews - Kalangan lintas agama diharapkan bisa bekerja sama dalam persoalan-persoalan global, seperti pengentasan kemiskinan dan perubahan iklim. Demikian ungkap tokoh agama Franz Magnis Suseono usai menghadiri pembukaan Forum Dialog Antar Agama Amerika Serikat-Indonesia di Jakarta, Senin 25 Januari 2010.

"Saya berharap, dua masalah yang akan dibahas, yaitu pengentasan kemiskinan dan perubahan iklim bisa menjadi usaha bersama orang-orang beragama di mana orang-orang beragama akan bekerja sama," kata Franz. "Dengan melakukan upaya itu bersama-sama, itu sekaligus bisa mempererat hubungan di antara mereka sendiri," lanjutnya.

Dalam hal ini, kata Franz, ideologi agama tidak banyak berpengaruh tapi membuat  umat sadar bahwa pengentasan kemiskinan dan perubahan iklim merupakan sesuatu yang berkaitan dengan tanggung jawab kita di hadapan Tuhan. Bagaimana hasil dari konferensi lintas agama ini bisa mencapai akar rumput? "Dengan masuk ke dalam agama-agama melalui khotbah," jawab Franz.

Kegiatan US-Indonesia Interfaith Dialogue ini sendiri dibuka oleh Menteri Luar Negeri (Menlu) RI, Marty Natalegawa, dan akan berlangsung dari 25 hingga 27 Januari 2010 di Jakarta.

Viral di Media Sosial Tawuran Brutal Antar Pelajar, 3 Pelaku Terancam Hukuman Penjara 10 Tahun

Dalam pidato pembukaannya, Marty berharap agar dialog lintas agama ini dapat membangun kerjasama menyeluruh antara AS dan Indonesia, terutama di bidang kerjasama sosial budaya.

Menurut Kedutaan Besar AS, forum ini merupakan pertemuan lintas agama pertama berskala besar sekaligus ajang pembuka bagi forum-forum dialog yang serupa di tahun ini.

Dalam kesempatan ini pemerintah RI dan AS akan mempertemukan para tokoh dari berbagai latar belakang agama dan keyakinan, lembaga pengkaji kebijakan "think tanks", masyarakat madani serta para akademisi untuk mendiskusikan beberapa hal yang menjadi permasalahan bersama.

Hal yang akan didiskusikan antara lain mengenai kerjasama dalam hal pemberdayaan para kaum moderat, mengatasi stereotipe yang negatif, mempromosikan kerukunan antar peradaban, dan meningkatkan kerjasama di bidang pendidikan dan pemerintahan, sekaligus menjawab tantangan terhadap isu-isu global seperti pengentasan kemiskinan dan perubahan iklim.

Pertemuan pertama pada hari ini juga diwarnai oleh sesi peluncuran buku berjudul “Insight Indonesia: The Perspective of Americans.” Buku ini berisi kumpulan tulisan dari para tokoh-tokoh terkemuka AS mengenai Indonesia, antara lain Mantan Menlu AS Henry Kissinger dan beberapa anggota Kongres AS lainnya.

Ilustrasi pengendara sepeda motor

Akibat Rem Mendadak, Pengendara Motor Tabrak Pikap hingga Terjungkal

Baru-baru ini terjadi di media sosial, sebuah video di media sosial memperlihatkan pengendara motor menabrak sebuah mobil pikap hingga terjungkal.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024