Malaysia

Pengadilan Tolak Larangan Buku Soal Islam

VIVAnews - Hakim Pengadilan Tinggi di Malaysia menolak sikap pemerintah yang melarang sebuah buku mengenai perempuan Muslim di Negeri Jiran. Demikian ungkap seorang pengacara, Selasa 26 Januari 2010.

Bagi pemerintah, buku yang berjudul "Perempuan Muslim dan Tantangan bagi Ekstrimisme Islam (Muslim Women and the Challenge of Islamic Extremism) dianggap membawa kesalahpahaman atas Islam sehingga bisa menimbulkan gangguan stabilitas dalam masyarakat.

Namun larangan dari Kementrian Dalam Negeri itu tidak dibenarkan oleh hakim pengadilan. Dalam putusan Senin lalu, 25 Januari 2010, hakim menyatakan bahwa buku itu tidak sampai mengancam keamanan negara. Demikian kata Malik Imtiaz Sarwar, seorang pengacara untuk "Sisters in Islam," suatu lembaga pembela hak kaum Muslimah di Malaysia yang menerbitkan buku itu.

Kementrian Dalam Negeri pada 2008 melarang peredaran buku yang berisi kumpulan esai itu, yang telah terbit dua tahun sebelumnya. Menurut argumen pemerintah, buku itu bisa merendahkan kepercayaan umat dan dapat mengganggu ketertiban umum.

Menurut surat yang dikirim Kementrian Dalam Negeri kepada Sisters in Islam pada 2008, buku yang mereka terbitkan dianggap sudah terlalu jauh mempertanyakan apakah hukum keluarga Islam telah mendiskriminasi perempuan atas sejumlah isu, diantaranya poligami dan perceraian.

Namun, larangan dari pemerintah itu mendapat perlawanan dari Sisters in Islam, yang langsung mengajukan gugatan ke pengadilan. Menurut lembaga itu, buku setebal 215 halaman yang mereka susun hanyalah murni karya akademik yang ditulis kalangan cendekia dari Malaysia, Indonesia, Singapura, Iran, Mesir, Filipina, dan lain-lain.

Dalam buku itu, mereka mempelajari tantangan-tantangan yang mereka hadapi dalam mempromosikan hak-hak perempuan di Asia Tenggara dan Timur Tengah. Sisters in Islam memperkirakan bahwa buku itu sudah terjual 3.000 eksemplar sebelum dilarang pemerintah dan telah menjadi bahan literatur universitas.

Sementara itu, belum ada tanggapan apakah pemerintah akan mengajukan banding atas putusan pengadilan tersebut. (AP)

Meli Joker Tewas Bunuh Diri Sambil Live di Instagram, Psikolog Soroti Hal Ini
Duel Manchester City vs Chelsea

Prediksi Semifinal Piala FA: Manchester City vs Chelsea

Duel Manchester City vs Chelsea dalam Semifinal Piala FA di Stadion Wembley, Sabtu 20 April 2024, pukul 23.15 WIB. Berikut prediksinya.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024