Pakistan

Buang Sial,Presiden Rutin Jagal Kambing Hitam

VIVAnews - Presiden Pakistan, Asif Ali Zardari, punya jurus tersendiri untuk menghadapi berbagai tekanan dari lawan-lawan politiknya. Jurus itu sedikit berbau mistis, yaitu rutin menjagal seekor kambing hitam.

Menurut surat kabar Pakistan, Dawn, Zardari melakukan ritual menjagal seekor kambing hitam setiap hari di rumahnya, yang terletak di Ibukota Islamabad. Kebiasaan itu dia lakukan demi mengusir "roh-roh jahat" sekaligus melindungi diri dari "santet."

Menurut juru bicara kepresidenan Pakistan, Farhatullah Babar, praktik itu bernama sadiqa. Layaknya ritual di Hari Raya Idul Adha, hewan yang dijagal kemudian dibagikan kepada kaum miskin.

"Saya sendiri belum pernah melihat. Tampaknya [praktik] itu tidak setiap hari, tapi ya, sering dilakukan," kata Babar kepada harian Inggris, The Guardian.

Namun, Babar membantah klaim dari surat kabar Dawn bahwa ritual menjagal kambing hitam itu demi mengusir roh jahat. "Tindakan ini masih didasarkan pada ungkapan rasa syukur kepada Tuhan. Syukurnya, hal-hal yang buruk tidak akan terjadi. Namun itu tergantung pada interpretasi," kata Babar.

Dia pun mengungkapkan bahwa praktik Sadiqa juga sering dilakukan oleh mendiang istri Zardari, yaitu mantan Perdana Menteri Benazir Bhutto. Dia sering melakukan kurban kambing sejak kembali ke Pakistan di akhir 2007. Namun, beberapa bulan kemudian, Benazir tewas dalam suatu serangan bunuh diri. 

Sejak menjadi presiden, Zardari mendapat tentangan dari lawan-lawan politiknya, mulai dari kalangan media hingga militer. Popularitas Zardari di kalangan muda pun tengah menurun. Tak heran bila dia sampai mengerahkan kambing-kambing hitam untuk buang sial.

Resmi Lamaran, Chand Kelvin Ungkap Awal Perkenalan dengan Dea Sahirah
Ilustrasi pasangan/asmara

Ramalan Zodiak Jumat 10 Mei 2024, Taurus: Perjalanan Romantis akan Segera Terjadi

Salah satunya ramalan zodiak Aries.Kumpul-kumpul keluarga kecil akan terbukti paling menyenangkan. Jalan-jalan bersama teman tidak hanya seru, melainkan juga menyegarkan.

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024