Pesan Osama Bin Laden Soal Pemanasan Global

VIVAnews - Setelah mengancam Presiden Amerika Serikat, Barrack Obama jika terus diam dengan kondisi Palestina, muncul lagi pesan yang diduga berasal dari gembong teroris wahid, Osama Bin Laden.

Pesan yang beredar Jumat 29 Januari 2010 tak seperti biasanya. Osama tak menyinggung soal agama maupun perang suci atau jihad. Osama kali ini bicara soal pemanasan global. Hah?

Bos Al Qaeda itu mengecam Amerika Serikat dan industri negara adidaya tersebut telah menyebabkan pemanasan global. Kata Osama, satu-satunya cara untuk menghentikan bencana akibat pemanasan global adalah menghancurkan perekonomian Amerika Serikat.

Osama menyerukan boikot produk Amerika Serikat dan menghentikan penggunaan mata uang AS, dollar.

"Akibat pemanasan global akan terasa di semua daratan. Kekeringan akan menyebar luas, sementara di belahan dunia lainĀ  terjadi banjir dan topan," kata Osama dalam rekaman suaranya yang disiarkan jaringan televisi Al Jazeera.

Osama menekankan penolakan Washington atas Protokol Kyoto- yang bertujuan mengurangi efek rumah kaca- adalah 'kejahatan terhadap iklim global'. Osama juga mengecam AS atas terjadinya krisis ekonomi global, dan mengakibatkan kemiskinan dan pengangguran berjuta penduduk Bumi.

Ini adalah kali pertamanya Osama memberikan pesan khusus dengan tema pemanasan global. Sebelumnya, topik ini hanya sedikit disinggung oleh Osama maupunĀ  pimpinan Al Qaeda lainnya.

Retorika berbeda yang disajikan Osama Bin Laden menuai reaksi. Menurut pengamat terorosme, Evan Kohlman, Osama memanfaatkan isu pemanasan global sebagai jembatan. Apalagi, isu ini sedang hangat-hangatnya.

"Mereka ingin menarik perhatian orang-orang yang sebenarnya tak bersimpati dengan Al Qaeda, namun marah kepada Amerika dan negara Barat lainnya. Agar mereka sama-sama melawan Barat," kata Kohlmann.

"Osama sedang membuat orang-orang itu menerima solusi alternatif melawan AS dan Barat dengan menggunakan kekerasan atau teror," tambah dia.

Pembakar Al-Quran Salwan Momika 'Diusir' dari Swedia, Kini Pindah ke Norwegia
Duel Vietnam vs Timnas Indonesia

Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?

Harapan pecinta sepakbola melihat Timnas Indonesia berlaga di Piala Dunia kembali muncul. Masih ada berapa tahap lagi untuk bisa lolos ke Piala Dunia 2026?

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024