Logo BBC

Mengungkap Ledakan Misterius di Iran, Termasuk Situs Nuklir?

Sebuah klinik yang melakukan operasi dan pencitraan medis terkena ledakan pada Juni lalu.-AFP/Getty Images
Sebuah klinik yang melakukan operasi dan pencitraan medis terkena ledakan pada Juni lalu.-AFP/Getty Images
Sumber :
  • bbc

Sesaat setelah 30 Juni tengah malam, sebuah pesan masuk ke kotak email saya. Pengirim pesan mengklaim dia adalah bagian dari kelompok tak dikenal yang menamakan diri mereka Homeland Cheetahs.

Kelompok itu mengatakan telah menyerang situs nuklir utama Iran di Natanz sekitar dua jam sebelumnya, pada pukul 02:00 waktu setempat. Dalam pesan terperinci, mereka mengklaim telah meledakkan sebuah fasilitas dan bahwa rezim Iran tidak akan dapat menyembunyikannya.

Bangunan yang rusak setelah kebakaran terjadi di fasilitas nuklir di Natanz, Minggu (05/07).

Reuters
Kebakaran di Natanz dilaporkan telah memundurkan program nuklir Iran.


Kelompok itu menyebut berasal dari kumpulan pembelot pasukan militer dan keamanan Iran. Mereka mengklaim berada di balik berbagai serangan yang sejauh ini disembunyikan pemerintah Iran dari publik.

Saya kemudian mencari tahu kebenaran informasi tersebut melalui internet dengan memeriksa dari kantor-kantor berita Iran dan akun yang dapat dipercaya di media sosial. Tetapi hasilnya nihil, saya tidak bisa menemukan info tersebut di manapun.

Beberapa jam kemudian, Organisasi Energi Atom Iran mengumumkan bahwa ada insiden di pabrik nuklir Natanz, tetapi mereka mengesampingkan dugaan penyebabnya adalah sabotase.