Logo BBC

Metode Herd immunity Diragukan Keberhasilannya Tangani COVID-19

Tak kurang dari 80 juta wisatawan berkunjung ke Spanyol setiap tahun.-EPA
Tak kurang dari 80 juta wisatawan berkunjung ke Spanyol setiap tahun.-EPA
Sumber :
  • bbc

Keberhasilan `herd immunity` atau kekebalan kelompok sebagai cara menangani pandemi Covid-19 diragukan sebuah kajian ilmiah di Spanyol.

Kajian terhadap lebih dari 60.000 orang itu memperkirakan bahwa hanya sekitar 5% populasi Spanyol yang mengembangkan antibodi pada tubuh mereka, sebagaimana dilaporkan jurnal ilmiah The Lancet.

Kekebalan kelompok tercapai ketika ada cukup banyak orang yang terjangkit virus tertentu sehingga virus tersebut berhenti menyebar. Perlu sekitar 70% hingga 90% populasi yang kebal guna melindungi mereka yang belum terjangkit.

Laporan itu menyebutkan, prevalensi antibodi Covid-19 di daerah pesisir Spanyol berada di bawah 3%, namun angka ini lebih tinggi di wilayah-wilayah yang paling parah terdampak.

"Meskipun dampak Covid-19 di Spanyol tinggi, estimasi prevalensi tetap rendah dan jelas tidak cukup untuk memberikan kekebalan kelompok," kata penulis kajian itu seperti dimuat jurnal The Lancet.

"Ini tidak bisa dicapai tanpa menerima imbal baliknya, yaitu kematian dalam jumlah besar pada populasi yang rentan dan kewalahannya sistem kesehatan.

"Dalam situasi ini, kebijakan jarak sosial serta upaya untuk menemukan dan mengisolasi kasus baru dan orang-orang yang berkontak dengan mereka diharuskan demi pengendalian epidemi di masa mendatang."