Amerika Serikat Akan Keluar dari WHO

Logo WHO.
Sumber :
  • WHO

VIVA – Amerika Serikat akan meninggalkan keanggotaannya di Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Kabar itu diumumkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada Senin 6 Juli 2020.

10 Negara Bagian Amerika Serikat dengan Standar Hidup Terburuk, Berjuang Melawan Kemiskinan

Keputusan ini diberlakukan PBB setelah menerima pemberitahuan resmi dari Presiden AS, Donald Trump, yang ia lontarkan lebih dari satu bulan yang lalu.

"Pada tanggal 6 Juli, Amerika Serikat memberi tahu sekretaris jenderal (PBB) ... tentang penarikannya dari Organisasi Kesehatan Dunia yang efektif 6 Juli 2021," kata Juru Bicara PBB, Stephane Dujarric, seperti dikutip National Public Radio, Rabu 8 Juli 2020.

Toyota Tarik Ratusan Ribu Unit Mobil Prius Hybrid di AS

PBB saat ini sedang dalam proses verifikasi dengan WHO apakah persyaratan untuk penarikan seperti itu bisa dipenuhi.

Setelah lebih dari 70 tahun menjadi anggota, AS memutuskan untuk keluar dari WHO. Pemerintahan Trump menuduh WHO 'China-sentris' di tengah pandemi virus Corona.

Palestina Kecam Veto AS yang Menghalangi Upaya Keanggotaan Penuh PBB

Namun, dalam resolusi Kongres AS 1948, Washington diwajibkan membayar dukungan keuangan dan saat ini AS masih berutang kepada WHO lebih dari US$200 juta.

Selain itu, pemerintahan Trump semestinya harus memberikan pemberitahuan satu tahun sebelum keluar keputusannya menarik keanggotaan AS dari lembaga PBB yang berbasis di Jenewa, Swiss itu.

Pemerintahan Trump pun telah menghentikan kucuran dana ke WHO sejak April 2020. Dalam suratnya 18 Mei 2020, AS memberi kesempatan kepada WHO selama 30 hari untuk berkomitmen melakukan reformasi.

WHO adalah badan internasional independen yang bekerja di bawah naungan PBB. Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres, mengatakan bahwa peran WHO sangat kritis dalam upaya dunia memenangi perang lawan COVID-19.

Trump telah lama menyindir multilateralisme karena selalu fokus pada agenda 'America First'. Selama menjabat sebagai presiden, Trump telah membuat AS keluar dari beberapa organisasi multilateral seperti Dewan Hak Asasi Manusia PBB, dan badan budaya PBB.

Baca Juga: Ada Bukti Penyebaran Virus Corona Lewat Udara, WHO Perlu Ubah Pedoman

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya