Turki Ubah Hagia Sophia Jadi Masjid, Dunia: Memecah Barat dan Timur

Masjid Hagia Sophia Turki
Sumber :
  • istanbulvision

VIVA – UNESCO, Yunani, Siprus dan para pemimpin gereja antara lain menyatakan keprihatinan tentang perubahan status museum Hagia Sophia menjadi masjid. Mereka menyatakan perubahan status itu bisa 

Terpopuler: Turki Operasi Militer ke Irak, Caleg Nasdem Mundur hingga Rekapitulasi KPU

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyatakan ikon Istanbul Hagia Sophia terbuka untuk ibadah umat Muslim, setelah pengadilan tinggi memutuskan konversi bangunan menjadi museum oleh negarawan pendiri Turki modern adalah ilegal.

Dilansir dari Aljazeera, Minggu 12 Juli 2020, Erdogan membuat pengumuman, hanya satu jam setelah putusan pengadilan diturunkan, meskipun ada peringatan internasional untuk tidak mengubah status monumen berusia hampir 1.500 tahun, yang dipuja oleh orang Kristen dan Muslim.

Turki Akan Melancarkan Operasi Militer Melawan Irak Bulan Ini, Ada Apa?

"Keputusan itu diambil untuk menyerahkan pengelolaan Masjid Ayasofya kepada Direktorat Urusan Agama dan membukanya untuk ibadah," kata keputusan yang ditandatangani oleh Erdogan.

Situs Warisan Dunia yang berada di Istanbul ini merupakan magnet bagi wisatawan di seluruh dunia, pertama kali dibangun sebagai katedral di Kekaisaran Bizantium Kristen tetapi diubah menjadi masjid setelah penaklukan Ottoman atas Konstantinopel pada tahun 1453.

7 Destinasi Memukau yang Cocok Dikunjungi saat Bulan Ramadhan

Putusan pengadilan segera diikuti oleh Erdogan yang mengatakan bahwa Situs Warisan Dunia yang dinyatakan oleh UNESCO ini akan dibuka kembali untuk ibadat Muslim.

Dewan Negara, pengadilan administratif tertinggi di Turki, dengan suara bulat membatalkan keputusan kabinet tahun 1934 dan mengatakan Hagia Sophia terdaftar sebagai masjid dalam perbuatan propertinya.

Terkait dengan pernyataan Erdogan, Amerika Serikat, Yunani, dan para pemimpin gereja menyatakan keprihatinan terhadap perubahan status bangunan yang diubah menjadi museum pada masa-masa awal negara Turki sekuler modern di bawah Mustafa Kemal Ataturk.

Di bawah ini adalah ringkasan reaksi internasional terhadap keputusan Erdogan.

Pemimpin gereja

Gereja Ortodoks Rusia menyatakan kecewa atas keputusan Turki untuk mencabut status museum Hagia Sophia, dan menuduhnya mengabaikan suara jutaan orang Kristen.

"Kekhawatiran jutaan orang Kristen belum terdengar," kata juru bicara Gereja Ortodoks Rusia Vladimir Legoida dalam komentar yang dikutip kantor berita Rusia Interfax.

Gereja Ortodoks Rusia sebelumnya mendesak agar ada seruan untuk mengubah status bekas katedral yang bersejarah itu, dan Patriarkh Rusia Kirill mengatakan ia "sangat prihatin" tentang langkah potensial itu dan menyebutnya sebagai "ancaman bagi seluruh peradaban Kristen".

Sebelumnya, Patriark Ekumenis Bartholomew, kepala spiritual dari sekitar 300 juta orang Kristen Ortodoks di seluruh dunia dan berbasis di Istanbul, mengatakan perubahan status Hagia menjadi masjid akan mengecewakan umat Kristen dan akan "memecah" Timur dan Barat.

UNESCO

UNESCO mengatakan Komite Warisan Dunia akan meninjau status Hagia Sophia, dan mengatakan menyesalkan bahwa keputusan Turki itu bukan subjek dialog atau pemberitahuan sebelumnya".

"UNESCO menyerukan kepada pihak berwenang Turki untuk membuka dialog tanpa penundaan untuk menghindari langkah mundur dari nilai universal dari warisan luar biasa ini yang pelestariannya akan ditinjau oleh Komite Warisan Dunia dalam sesi berikutnya," kata badan budaya PBB. dalam sebuah pernyataan.

Uni Eropa

Kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Josep Borrell menyesalkan keputusan tersebut.

"Keputusan Dewan Negara Turki untuk membatalkan salah satu keputusan penting Turki modern dan keputusan Presiden Erdogan untuk menempatkan monumen di bawah pengelolaan Kepresidenan Urusan Agama sangat disesalkan," katanya dalam sebuah pernyataan.

Siprus

Menteri Luar Negeri Siprus Nikos Christodoulides, seorang Siprus Yunani, memposting di akun Twitter resminya bahwa Siprus "sangat mengutuk tindakan Turki terhadap Hagia Sophia dalam upayanya untuk mengalihkan opini domestik dan menyerukan Turki untuk menghormati kewajiban internasionalnya".

Amerika Serikat

"Kami kecewa dengan keputusan pemerintah Turki untuk mengubah status Hagia Sophia," kata Morgan Ortagus, juru bicara Departemen Luar Negeri, dalam sebuah pernyataan.

"Kami memahami bahwa Pemerintah Turki tetap berkomitmen untuk mempertahankan akses ke Hagia Sophia untuk semua pengunjung, dan berharap untuk mendengar rencananya untuk melanjutkan pengelolaan Hagia Sophia untuk memastikannya tetap dapat diakses tanpa hambatan untuk semua."

Yunani

Yunani menyebut langkah Turki sebagai "provokasi terbuka terhadap dunia beradab".

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya