Logo BBC

Ada UU Keamanan Nasional, Warga Hong Kong Bertahap Pindah ke Inggris

- Getty Images
- Getty Images
Sumber :
  • bbc

Sejak China memberlakukan Undang Undang Keamanan Nasional di Hong Kong, warga setempat semakin sering membicarakan strategi untuk keluar dari kota itu. Untuk sekitar tiga juta warga Hongkong, pintu keluar mereka bisa berbentuk paspor Nasional Luar Negeri Inggris (British National Overseas). Akankah mereka benar-benar pergi - dan apa yang terjadi dengan mereka yang tetap tinggal?

Michael dan Serena telah memutuskan meninggalkan Hong Kong untuk selamanya dan menetap di Inggris, sebuah negara yang belum pernah mereka kunjungi.

Pasangan itu memiliki paspor British National Overseas - atau BNO - yang dikeluarkan untuk penduduk Hong Kong yang terdaftar sebelum kota itu dikembalikan ke China pada Juli 1997.

Pada dasarnya dokumen perjalanan itu memberi hak atas bantuan konsuler. Kegunaannya tampak terbatas bagi banyak orang, kecuali akses yang lebih mudah untuk pergi ke Inggris dan melakukan perjalanan lain ke Eropa.

Meski begitu, beberapa orang tetap mendaftar untuk memiliki BNO. `Mengapa tidak? kata banyak warga Hongkong.

Michael dan Serena mencerminkan kemakmuran yang umum di Hong Kong: mereka adalah pasangan yang sering melakukan wisata dengan seorang anak perempuan berusia 13 tahun.

Mereka berdua adalah manajer tingkat menengah di bank dan telah membeli sebuah flat beberapa tahun yang lalu. Banyak hal yang mereka miliki untuk ditinggalkan begitu saja.

Protesters clash with police outside Hong Kong Polytechnic University in Hong Kong, China November 17, 2019
Reuters
Sejumlah protes yang berakhir ricuh terjadi di Hong Kong tahun lalu.

Mereka mengatakan Hong Kong telah menjadi kota yang tidak dapat dikenali, terkait penanganannya terhadap protes selama berbulan-bulan tahun lalu, yang dipicu pengajuan RUU, yang jika diterapkan akan memungkinkan ekstradisi ke China daratan.

Apa yang dilihat pasangan itu adalah pemerintah yang tidak mendengarkan orang-orang, dan kepolisian yang terlihat tidak terkontrol.