Logo ABC

Pasukan Khusus Australia Bentangkan Simbol Amat Rasis di Afghanistan

Dua anggota pasukan khusus Australia berpose dengan tersenyum sambil menunjukkan bendera konfederasi Amerika dalam misi mereka di Afghanistan tahun 2012.
Dua anggota pasukan khusus Australia berpose dengan tersenyum sambil menunjukkan bendera konfederasi Amerika dalam misi mereka di Afghanistan tahun 2012.
Sumber :
  • abc

Anggota pasukan khusus Australia (SAS) berpose dan merekam aksinya sendiri membentangkan sebuah Bendera Konfederasi saat menjalankan operasi di Afghanistan. Bendera ini dikenal sebagai simbol rasis dan perbudakan di Amerika Serikat.

Pasukan SAS Disoroti

  • Sebuah video menunjukkan anggota pasukan khusus menggunakan Bendera Konfederasi untuk memberi sinyal bagi sebuah helikopter AS
  • Bendera Konferasi secara efektif telah dilarang oleh milter AS
  • Tentara Australia sebelumnya juga terlihat menggunakan bendera NAZI

Tim investigasi ABC mendapatkan sebuah foto dan sebuah video yang menunjukkan dua anggota SAS berpose sambil tersenyum saat membentangkan bendera yang bertuliskan "Southern Pride" tersebut.

Seorang juru bicara Angkatan Bersenjata Australia (ADF) menyatakan sebelumnya tidak mengetahui adanya foto dan video ini, sehingga tidak dalam posisi untuk mengidentifikasi siapa saja yang bertanggung jawab.

Hal Johnson, mantan perwira senior Amerika Serikat yang pernah dua kali menjalankan tugas tempur di Afghanistan, menilai aksi anggota SAS tersebut merupakan pelanggaran berat.

Ia mengatakan Bendera Konfederasi merupakan simbol rasisme dan perbudakan.