Logo ABC

Pria Australia Lari Mengelilingi Bali Demi Warga Miskin di Sana

Jamin Heppell berlari sejauh 90 kilometer dan berhasil mengumpulkan dana sekitar Rp100 juta untuk membantu anak-anak di Bali.
Jamin Heppell berlari sejauh 90 kilometer dan berhasil mengumpulkan dana sekitar Rp100 juta untuk membantu anak-anak di Bali.
Sumber :
  • abc

Seharusnya Jamin Heppell, seorang warga Australia, bisa saja melewati hari-harinya dengan mudah saat tertahan di Bali akibat pandemi COVID-19. Tapi ia memilih berlari melintasi Pulau Dewata dari utara ke selatan.

Pria asal Leongatha, kota kecil sebelah tenggara Melbourne, menempuh rute dari Singaraja ke Denpasar sejauh 90 kilometer, dengan berhenti setiap 5 kilometer.

Jamin tiba di Bali ketika di Australia warga sedang panik memborong tisu toilet saat memasuki "lockdown" pertama bulan Maret lalu.

Ia bermaksud menemani kekasihnya yang berkebangsaan Jerman untuk sama-sama menunggu berlalunya pandemi di pulau wisata itu.

Dampak pandemi tampak jelas di Bali dan Jamin menyaksikannya sendiri bagaimana warga setempat kesulitan setelah para turis pergi dan sampai kini belum kembali.

Pariwisata merupakan sektor yang mempekerjakan sekitar 10 persen lapangan kerja di Indonesia, yang mencakup sekitar 12 juta pekerja.

Menyadari hal itu, Jamin pun tergerak untuk berbuat sesuatu.